F Sudah kelas tinggi NISN sampai saat ini masih kosong, bagaimana mengajukan NISN baru? - Edukasinfo.Net

Monday 30 August 2021

Sudah kelas tinggi NISN sampai saat ini masih kosong, bagaimana mengajukan NISN baru?

Assalamu'alaikum, sahabat edukasinfo.net , cut off BOS dapodik 2021 hari ini akan dilakukan, artinya, jika ingin mengsinkronisasi dapodik untuk menentukan berapa jumlah dana BOS akan diterima, tentunya hari ini lah kita harus melakukan sinkronisasi.

Baca Juga : Tentang kabar Asesmen Nasional 2021/ 2022

 

Sahabat, ada temuan yang sampai saat ini mungkin juga kita dapatkan di sekolahan kita sendiri, yakni walaupun sudah kelas tinggi siswa belum juga mendapatkan Nomor Induk Siswa Nasional atau yangs sering kita dengar dengan NISN.


Sahabat, jika masalahnya seperti maka hal yang perlu sahabat lakukan adalah memeriksa data siswa baik di Dapodik maupun di Vervalpd, 

* Apakah nama peserta didik sudah sesuai dengan data yang ada di disdukcapil,

* Apakah  Nomor Induk Kependudukan (NIK) peserta didik sudah sesuai di dukcacpil,

* Apakah Tempat dan Tanggal Lahir peserta didik sudah sesuai dengan disdukcapil 

* Apakah nama Ibu Kandung sudah sesuai dengan yang ada di data dukcapil


Jika data di dapodik dan khususnya di vervalpd tidak sesuai dengan data yang ada di disdukcapil, cara memperbaikinya adalah melalui akun vervalpd sekolah kita masing-masing. 

 

Baca Juga : Cara mengatasi Lembar Konfirmasi Sinkronisasi Dapodik 2022.a tertutup dan tidak bisa melanjutkan sinkronisasi

 

Nah, yang menjadi masalah saat ini adalah sering juga ditemukan bahwa data peserta didik, baik nama, NIK tempat lahir, tanggal lahir atau nama ibu tidak sesuai dengan database disdukcapil. Jika data peserta didik ini bermasalah tidak sesuai dengan data disdukcapil maka hal yang harus dilakukan adalah mengubah data siswa di diskdukcapil sesuai dengan data yang ada di sekolah, hal ini mengingat seandainya peserta didik sudah pernah memiliki Ijazah dari pendidikan sebelumnya, dan ingin menggunakan data yang ada di ijazah tersebut. 


Cara memperbaiki data peserta didik di vervalpd agar sesuai degan data disdukcapil, yaitu login aplikasi web Vervalpd, kemudian pilih edit identitas, ketik nama peserta didik dan lihat apakah NIK, Nama, Tempat dan tanggal lahir serta nama ibu sudah benar, jika belum maka ubahlah, kemudian klik validasi data. 

 

Baca Juga :  Begini cara mengisi "Data di Sanitasi diperoleh dari inputan data alat dengan jenis sarana" di dapodik 2022  

 

Namun, jika peserta didik pada jenjang sebelumnya sudah pernah ada NISN, sahabat bisa menggunakan menu Edit NISN untuk memastikan apakah NISN peserta didik tersebut masih bisa digunakan atau sudah digunakan oleh siswa lain. 


Jika sudah memperbaiki data di vervalpd, selanjutnya kita menunggu sampai diterbitkannya NISN baru. Untuk waktu berapa hari atau berapa minggu NISN diterbitkan, untuk hal ini admin tidak mengetahui secara pasti.


Data Peserta Didik : Untuk data peserta didik akan disesuaikan dengan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021. Pastikan sekolah sudah melakukan sinkronisasi sehingga data Peserta Didik dapat muncul di laman Verval PD.


*Penerbitan NISN* : NIK menjadi syarat pemberian NISN bagi siswa yang belum memiliki. Silahkan lakukan Verifikasi Validasi melalui laman NISN secara mandiri (Orang Tua/Peserta Didik) atau melalui menu Edit Identitas untuk Operator Sekolah.


Program Indonesia Pintar : Kepemilikan NIK dan NISN peserta didik yang valid menjadi syarat utama untuk dapat ditetapkan sebagai penerima PIP. Oleh karena itu, isikan NIK menggunakan menu Edit Identitas VervalPD atau menggunakan Verval Data Individu Peserta Didik untuk memastikan isian data peserta didik sesuai dengan yang tercatat pada data induk kependudukan (Dukcapil Kemendagri).


Login - https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id

sumber: INFORMASI PEMBAHARUAN APLIKASI

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih