Friday, 23 July 2021

Begini cara mengisi "Data di Sanitasi diperoleh dari inputan data alat dengan jenis sarana" di dapodik 2022

Assalmu'alaikum sahabat edukasinfo.net, selamat sore dan selamat mengerjakan tugas pendataan tahun pelajaran 2021/2022, semoga selalu di berikan kemudahan oleh Allah Subhanahu Wata'ala.Amin.


 

 

Baca Juga: Cara menginstall dapodik 2022 

 

Pada dapodik 2022 ini, pasti banyak yang berubah dan berbeda dari dapodik 2021 sebelumnya, pembaruan-pembaruan dan perbaikan tersebut setidaknya telah kita baca, baik di Berita situs dapodikdasmen, maupun di pesan yang ada di dapodik 2022 itu sendiri. 


Seperti contoh pada menu Sanitasi yang ada pada menu Sekolah, ada beberapa kolom yang tidak bisa diisi disana, namun kita diperintahkan oleh sistem dapodik 2022 ini untuk mengisi data tersebut pada menu-menu tertentu. Hal ini mungkin bagi Operator Dapodik yang masih baru, sangat mungkin untuk merasa bingung. Namun, bagi mereka yang telah lama menjadi operator sekolah perubahan seperti ini sudah menjadi "sarapan" tiap tahun setiap kali ada pembaruan aplikasi dapodik 2022.

 

Baca Juga : Operator Dapodik wajib mengubah password akun pengguna di dapodik 2022 

 

Nah, ketika kita akan mengisi data di kolom tersebut, kita akan menukan keterangan seperti berikut ini:


  1. Jumlah tempat cuci tangan diperoleh dari inputan data alat dengan jenis sarana (wastafel atau tempat cuci tangan), 
  2. Jumlah keseluruhan tempat cuci tangan, Jumlah tempat cuci tangan yang rusak, 
  3. Jumlah jamban (Kamar Mandi dan WC), Jumlah jamban yang dapat digunakan siswa laki-laki dan jumlah jamban yang dapat digunakan siswa perempuan, jumlah jamban bersama yang dapat digunakan dan jumlah jamban yang rusak. 

 


Baca Juga : Yuk, Sekarang Giliran Kita!

 

Nah, Jumlah-jumlah tersebut akan kita isi pada menu Sarpras, Yakni pada menu Alat, angkutan dan buku. Caranya, setelah kita melengkapi dan memperbarui tanah dan bangunan, ruang selanjutnya kita buka menu Alat, Angkutan dan Buku. 


Klik menu "Alat, Angkutan dan Buku" Klik Alat, Klik tanda segitiga dan cari ruang dimana penempatan alat dan bahan yang ada di sanitas tersebut. Misalnya, Wc/kamar Mandi, cari nama WC dan Kamar Mandi pada hasil klik tanda segitiga tadi. Kemudian pilih WC/Kamar Mandi tersebut selanjutnya silahkan isi kolom yang masih kosong. Misalnya jumlah wastafel (tempat cuci tangan) jika belum ada klik menu tambah dan tambah wastafel (tempat cuci tangan).

 

 

Baca Juga : Yuk, kita mengenal sosok Muhammad Shalallahu'alaihi wassalam

 

Kemudian, isi kolom yang muncul seperti berikut ini,

 

 

Baca Juga : Tidak perlu mengisi ulang seluruh data dapodik, Yuk Baca Fungsi Menu aksi dan menu Salin data periodik di Dapodik 2022! 

 

Sedangkan untuk mengisi Jumlah baik LAIK atau RUSAK, klik menu aksi Pilih Periodik 2021/2022, dan isi jumlah total dan yang lauak. Sedangkan jumlah yang rusak akan terisi secara otomatis jika jumlah Alat itu melebihi satu dan rusak salah satunya. Contohnya, jumlah Wastafel ada 3, dan yang laik ada 2 berarti yang rusak ada 1.


Selanjutnya, untuk alatalat yang ada di Sanitasi yang lain cara pengisiannya sama saja dengan di atas. Demikian informasi ini semoga bermanfaat.


 


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih