F Pedoman Yankes Usekrem Pandemi - Edukasinfo.Net

Monday 4 October 2021

Pedoman Yankes Usekrem Pandemi

Assalamu'alaikum sahabat edukasinfo.net, COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona tipe SARS Cov 2. Penyakit ini merupakan penyakit baru yang penularannya dapat terjadi antar manusia. 

 

Baca Juga : Yang diperlukan di sekolahan pada masa Pembelajaran Tatap Muka terbatas 

 

Pada 11 Maret 2020 WHO telah mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi dunia dikarenakan penyebaran dan peningkatan jumlah kasusnya yang pesat. WHO menghimbau agar semua negara meningkatkan upaya pencegahan dan penatalaksanaan COVID-19, termasuk Indonesia. Kasus COVID-19 pertama kali diidentifikasi di Indonesia pada 2 Maret 2020.

 

Berdasarkan data Gugus Tugas COVID-19 pada tanggal 5 Juli 2020, dari 519.970 kasus dengan spesimen diperiksa didapat kasus konfirmasi sebanyak 64.958 yang 31.798 diantaranya dalam perawatan, 29.919 kasus sembuh dan 3.241 kasus meninggal.

 

Baca Juga : Cara mendapatkan Token Survey Lingkungan Belajar


Untuk meminimalisir penularan COVID-19 pada anak, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan belajar di rumah melalui model daring. Tetapi, penularan COVID-19 ternyata masih mengenai anak usia sekolah dan remaja. Tercatat data COVID-19 pada anak usia 6 – 18 tahun sebanyak 6,8 % dari total kasus konfirmasi (143.043 kasus per 18 Agustus 2020); 6,7 % dari total kasus dirawat/diisolasi; 7,2 % dari total kasus sembuh serta 1,3 % dari total kasus meninggal. 

 

Untuk itu Pemerintah memberikan Pedoman Pedoman Yankes Usekrem Pandemi.Pedoman Yankes Usekrem Pandemi adalah kependekan dari Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja  di amasa Pandemi covid 19.


Adapun tujuan Pelayanan Kesehatan Usia Anak Usia Sekolah dan Remaja di masa Pandemi Covid 19 ini adalah Terlaksananya pelayanan kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja pada masa pandemi COVID-19 di fasilitas pelayanan kesehatan, satuan pendidikan, rumah singgah/panti/ LKSA, lapas/rutan anak/LPKA sertalembaga pengasuhan anak lainnya. Nah ini adalah tujuan umum dari pelayanan Kesehatan Usia anak sekolah dan remaja. Sedangkan tujuan khususnya adalah sebagai berikut :

  1. Tersedianya pedoman yang digunakan sebagai panduan bagi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja pada masa pandemi COVID-19, yaitu pada Masa Tanggap Darurat dan Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.
  2. Terlaksananya pelayanan kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja pada masa pandemi COVID-19 melalui penguatan peran lintas sektor, partisipasi masyarakat dan kelompok usia sekolah dan remaja.
  3. Terlaksananya monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja pada masa pandemi COVID-19.

Nah, selanjutnya kalian bisa melihat Pendoman pada file berikut ini, 

Silahkan di Download Pedoman Yankes Usekrem Pandemi




NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih