F Makanan Empat Sehat Lima Sempurna - Edukasinfo.Net

Thursday 17 March 2022

Makanan Empat Sehat Lima Sempurna

Assalamualaikum sahabat edukasinfo.net, kalian pasti sering mendengar makanan 4 sehat 5 sempurna? Dalam buku pelajaran SD, SMP, SMA bahkan di saat kuliah pasti pernah mendengar kalimat ini, yang artinya tidak asing lagi bagi telinga kita mendengar kalimat makanan 4 sehat 5 sempurna. slogan ini sudah diterapkan sejak dulu karena diyakini sebagai salah satu bentuk dari gaya hidup sehat. Makanan 4 Sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin di dalamnya.



Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan dan juga susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.,.



1. Makanan pokok


Susunan daripada makanan 4 sehat 5 sempurna yang pertama adalah Makanan Pokok. Makanan pokok adalah makanan yang kaya dengan karbohidrat, yaitu suatu zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membuat energi. Makanan pokok ini umumnya berupa nasi, tetapi di beberapa daerah di Indonesia, makanan pokok jenis lain juga dikonsumsi seperti kombinasi beras dan jagung yang umum dikonsumsi di Madura dan sagu di Papua.



2. Lauk-pauk

Selanjutnya makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna adalah Lauk Pauk. Lauk-pauk merupakan  makanan pendamping setelah makanan pokok. Lauk Pauk ini adalah makanan dengan kandungan protein yang berupa protein hewani ataupun nabati yang tinggi. Kandungan protein tersebut bermanfaat untuk membentuk energi, membangun jaringan, dan menjaga daya tahan tubuh kita.

Protein hewani banyak terkandung dalam ayam, daging merah, telur, dan ikan, sedangkan protein nabati bisa  ditemukan dalam tempe, tahu, kacang-kacangan, dan kedelai.


3. Sayuran

Yang ketiga yang termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna adalah sayuran. Sayuran memiliki kandungan serat yang baik untuk proses pencernaan, sayuran juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk bekerja dengan baik. Misalnya, wortel kaya akan vitamin A yang diperlukan untuk mata, sementara bayam mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Agar lebih mudah dalam memilah manfaat dan kegunaan sayur dan buah.Vitamin berfungsi menjaga sistem imun tubuh, sedangkan serat membantu memperlancar proses pencernaan.

 
4. Buah-buahan

Yang keempat adalah Buah-buahan. Sama seperti sayuran, buah-buahan juga menyumbangkan serat dan beragam jenis vitamin untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Saat kita mengkonsumsi buah-buahan, suplai energi tubuh kita dapat bertambah dengan cepat. Tambahan tenaga ini sangat penting untuk menghadapi jadwal yang padat. Oleh sebab itu banyak atlet mengonsumsi buah, sebelum, ketika jeda, dan pun setelah berlatih atau bertanding.


5. Susu

Yang kelima adalah susu, susu adalah pelengkap komponen makanan 4 sehat 5 sempurna, namun mengkonsumsi susu ini tidak wajib. Susu kaya akan kalsium yang bagus buat pertumbuhan tulang, juga lemak baik yang membantu pembentukan hormon dan penyerapan vitamin. Apabila anak-anak minum susu secara teratur akan membentuk tulang anak sehat dan kuat serta  menjangkau kepadatan tulang optimalnya di umur 25-30th. Asupan susu untuk anak-anak pun mempengaruhi pada tinggi badan mereka.


Nah, sahabat itulah mengenai makanan 4 sehat 5 sempurna, Namun saat ini konsep slogan 4 sehat 5 sempurna sudah diganti dengan konsep Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Perubahan ini didasari karena konsep makanan 4 sehat 5 sempurna tidak sesuai lagi dengan perkembangan ilmu dan permasalahan gizi saat ini. 


Sejarahnya, konsep 4 sehat 5 sempurna ini dicetuskan oleh bapak gizi Indonesia  yaitu Prof. Poorwo Soedarmo pada tahun 1955, yang mengacu pada prinsip Basic Four Amerika Serikat yang mulai diperkenalkan pada era 1940an.  Bahwa prinsip ini menekankan pada pentingnya empat golongan makanan berupa kalori sebagai penghasil tenaga pada makanan pokok, Protein sebagai sumber pembangun pada lauk pauk, Vitamin dan mineral untuk memelihara pada sayura dan buah dan pelengkap keseluruhan gizi pada susu.


Namun, dewasa ini konsep yang dicetuskan bapak Gizi Indonesia ini sudah diubah karena tidak lagi sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan gizi saat ini.

Pedoman Gizi Seimbang mendasar pada Prinsip Nutrition Guide for Balanced Diet yang merupakan hasil kesepakatan konferensi pangan sedunia di Roma Tahun 1992. Prinsip ini diyakini akan mampu mengatasi beban ganda masalah gizi, baik kekurangan maupun kelebihan gizi. Pedoman Gizi Seimbang bertujuan untuk menyediakan pedoman makan dan berperilaku sehat bagi seluruh lapisan masyarakat. Pedoman ini berdasarkan 4 prinsip yaitu :

  1. Mengonsumsi beragam makanan; nasi merupakan sumber utama kalori, tetapi miskin vitamin dan mineral. Sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin, mineral dan serat, tetapi miskin kalori dan protein. Ikan merupakan sumber utama protein, tetapi sedikit kalori. Jika Kalian  tidak mengombinasikan asupan-asupan tersebut, bukan tidak mungkin Anda akan kekurangan gizi, yang pada akhirnya memicu timbulnya beberapa penyakit.
  2. Membiasakan perilaku hidup bersih
  3. Melakukan aktivitas fisik
  4. Mempertahankan dan memantau berat badan


Sebagai pengetahuan bagi kita, sebenarnya pada diri orang dewasa, salah satu indikator yang menunjukkan bahwa telah terjadi keseimbangan zat gizi di dalam tubuh adalah tercapainya berat badan ideal. Indikator tersebut dapat diketahui dengan menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT).



Sumber Refensi :

https://www.charmgirlstalk.com/artikel/334/mendesak-konsumsi-makanan-4-sehat-5-sempurna-agar-kesehatan-terjaga

https://www.liputan6.com/health/read/3910868/makanan-4-sehat-5-sempurna-yang-telah-berganti-menjadi-pedoman-gizi-seimbang


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih