F E materai atau materai tempel: Ribetkah membeli e-materai di saat pendaftaran PPPK 2023? - Edukasinfo.Net

Thursday 28 September 2023

E materai atau materai tempel: Ribetkah membeli e-materai di saat pendaftaran PPPK 2023?

Bismillah, sahabat edukasinfo.net dimanapun kalian berada, semoga tetap diberikan kekuatan dan kesehatan oleh Allah, Tuhan yang maha Kuasa. Amin.

 


Hari ini Jum'at tanggal 29 September 2023 adalah akhir pendaftaran Penerimaan Calon Peserta Tes seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau sering kita dengar dengan dana PPPK atau P3K. Dari beberapa hari  yang lalu sudah banyak calon pelamar PPPK ini yang mencoba untuk mendaftar Tes seleksi PPPK ini, dan puncak dari banyaknya yang melakukan pendaftaran ini yakni mulai dari tanggal 28 September 2023 kemarin. Mengapa saya katan puncaknya adalh kemarin? Karena, dari tanggal 28 Kemarin, situs sscasn yang digunakan untuk melakukan pendaftaran mengalami down dan gangguan server, sampai proses pembelian e-materai dan pembubuhan e-materai.


Ada dua dokumen yang harius dibubuhi dengan e-materai, yaitu Surat Lamaran PPPK 2023 dan Surat Pernyataan. Yang menjadi kendala adalahsulitnya untuk mengakses situs penyedia yang menjual e-materai ini, baik dari situs yang ditunjukan oleh scasn sendiri maupun situs lain yang sudah menyediakan. Memang benar situ penjual ini dibilang ada banyak, namun e-materai ini tetap akan diperiksa oleh PERURI (Percetakan Uang Republik Indonesia).

PERURI sendiri adalah Perum Peruri merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bertugas untuk mencetak uang rupiah bagi Republik Indonesia.

 

Adapun suka duka pelamar PPPK 2023 ini adalah ketika membeli e-materai, tiba-tiba situs tidak tampak alias hilang, ada lagi setelah dibubuhi dokumen dengan e-materai tiba-tiba error dan notifikasi di email pun tidak muncul, ada juga yang sudah terbeli banyak tidak bisa membuka situs dan lain-lain cerita yang saya dapat dari rekan-rekan guru dan operator sekolah. 

Seperti notifikasi berikutt yang berbunyi "Dokumen yang telah terbubuhkan akan kadaluarsa dalam kurun waktu 24 Jam. Notifikasi saat dokumen telah berhasil dibubuhkan akan dikirim via email, silahkan meninggalkan halaman ini. Waktu 24 jam ini TIDAK BERHUBUNGAN dengan peng-upload-an pada web sscasn".

 

Padah sudah dari kemarin saya beli e-materai sampai saat ini tidak ada progress. sedangkan waktu penggunaan setelah dibubuhi adalah 24 jam.  


Nah, khususnya saya sendiri, kemarin beli e-materai di emet berhasil 1 dengan harga Rp. 16.000,- dan satunya lagi gagal. Semalam juga saya beli di https://app.meteraionline.id dan sampai pagi ini masih seperti notifikasi di atas. Jika, sistem ini terus menerus dan tidak ada perbaikan, saya rasa banyak pihak yang akan dirugikan. 

E-Materai dibandingan dengan Materai tempel, saya menilai sampai saat ini masih mudah dan nyaman menggunakan materai tempel. 


Kepada Pembuat dan Penyedia E-Materai, saya mewakili guru dan operator sekolah di seluruh Indonesia berharap dan meminta supaya sistem dan penggunaan e-materai diperbaiki lagi. Jika memang ini akan berkelanjutan kami juga berharap kedepan e-materai lebih fleksibel dan tidak ribet, apalagi ketika pembeli membludak seperti saat ini. 


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih