Friday, 23 August 2019

Cara mengisi data siswa di Dapodik 2020

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, sudha menjadi hal biasa yang tak bisa dihindari oleh kita sebagai operator sekolah. Sedih yah sudah pasti, kecewa ya pasti kecewa, namun apalah daya kita operator sekolah di angkat dan diberhentikan sesuai kebutuhan sekolah. Dan bila pemimpin (Kepala Sekolah) bijak insya Allah kita tetap akan bekerja sebagai operator sekolah. Namun, sahabat tetaplah berdoa dan bersemangat karena rezeki bukan dari Dana BOS atau dna Sekolah, tapi rezeki dari sang pencipta. 

Sahabat edukasinfo, mungkin kalian operator sekolah yang baru, yang belum sama sekali mengisi data sekolah dan data siswa beserta data lainnya di dapodik. Namun, jangan malu bertanya kepada operator sekolah yang lainnya. Atau mencari di browser cara-cara yang berkaitan dengan dapodik.

Nah, sahabat kali ini saya ingin berbagi cara mengisi data di dapodik 2020.

Pertama bukalah aplikasi dapodik 2020 yang ada di laptop kalian,kemudian klik menu Peserta didik, untuk tingkat SD ada pilihan yaitu melalui dapodikweb, dengan cara menarik siswa yang berasal dari TK, begitu juga SMP dan SMA/SMK juga menarik siswa dari SD dan SMP, jika siswa berasal dari Madrasah ada pilihan Tarik PD diluar Dapodik. 

Bagi kita yang menarik siswa dari sekolah sebelumnya, kita hanya perlu melengkapi biodata yang telah ada. Namun bagi siswa baru yang tidak pernah di TK/PAUD seperti di tingkat SD, kita akan mengisi data mereka secara manual.

Sebelum kita mengisi data siswa baru SD, atau siswa yang yang ditarik dari sekolah sebelumnya wajib bagi kita mempersiapkan berkas-berkas siswa yang dibutuhkan seperti, Akte Kelahiran, KK (NIK Siswa, NIK Ayah, dan NIK Ibu) dan jika ada kartu sosial yang dimiliki siswa seperti PKH, KIS, KKS.

Bila telah berada di kolom Biodata siswa, Pilihlah menu Tambah Siswa Kelas 1, yang berada di bagian atas kolom.


Selanjutnya isilah data-data berikut sesuai dengan fakta, dan jangan sekali-kali mengisi data siswa dengan data abal-abal. 


Untuk biodata Wali siswa bukan diisi dengan nama ayah atau Ibu tapi nama orang lain yang menjadi wali siswa seperti nenek, kakek, paman, bibi dan siapa saja yang bisa bertanggung jawab sebagi wali siswa.

Selanjutnya bila telah diisi semua jangan lupa untuk disimpan (save) klik Menu Save and close.

Bila selesai disimpan daftar sisw atersebut akan tersimpan namun akan muncul status berupa tanda seru, hal ini artinya siswa belum benar-benar terdaftar di dapodik. Untuk menghilangkan tanda status tersebut, silahkan klik dan blok nama siswa tersebut dan pilih menu registrasi yang ada di atas nya.

Isilah status pendaftaran siswa tersebut pada kolom yang muncul,


Lalu simpan dan tutup. Jika selesai, maka tanda status akan hilang, dan itu artinya siswa kita terdaftar di dapodik. Walaupun sudah terdaftar tetapi siswa tersebut belum juga sepenuhnya terdaftar di dapodik karena siswa masih berada di luar rombongan belajar (Rombel). 

Bagaimana cara memasukkan siswa ke rombel, nantikan artikel edukasinfo,net yang akan datang!

Ingat bagi kita yang belum ada pengalaman, malu bertanya tak akan bisa untuk bekerja. Malu bertanya sesat dijalan....

 


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar