Wednesday, 23 October 2019

Cara atasi Kepsek/PLT belum dipilih di dapodik

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, sering kita jumpai keterangan ditampilan dashboard dapodik 2020 bahwa Kepala Sekolah atau PLT tidak dipilih. Hal ini mungkin disebabkan karena pergantian atau pertukaran kepala sekolah. Kasus yang saya alami adalah setelah saya memutasikan kepala sekolah di aplikasi dapodik beberapa saat yang lalu. Setelah itu muncul tulisan Kepala Sekolah/PLT tidak dipilih.

 
Supaya, ada kepala sekolah atau PLT di aplikasi dapodik tersebut maka saya pilih salah satu guru yang akan menjadi PLT sementara, saya persiapkan terlebih dahulu Nomor SK nya (jika memang benar ada SK silahkan isi dengan sk yang sebenarnya, namun jika belum ada direkayasa namun ingat ini hanya sementara saja sampai nama kepala sekolah yang akan mengganti kepala sekolah saat ini masuk ke dapodik kita).

Adapun cara memilih Guru yang akan menjadi PLT kepala sekolah yaitu,

1. Klik ubah pada tabel guru yang dipilih sebagai PLT
2. Pilih tugas tambahan pada menu rincian
3. Klik tambah jabatan pilih PLT Kepala Sekolah
4. Isi Nomor SK dan TMT Tugas Tambahan
5. Refresh atau Control + F5 

kemudian jika selesai proses di atas maka di bagian dashboard Dapodik status Tidak dipilih akan berubah dan nama PLT yang ditampilkan.

Untuk guru setempat yang diangkat menjadi Kepala sekolah, operator tinggal mengubah data rincian di tugas tambahan menjadi kepala sekolah, nomor SK dan TMT tugas tambahan, selanjutnya minta konfirmasi ke  admin dinas pendidikan agar Jenis PTK yang ada di kolom utama bisa diubah, karena menu tersebut tidak bisa diubah oleh operator sekolah

sekian.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar