Thursday, 16 January 2020

Saya tidak bisa mengupdate Nomor Rekening yang baru diupdate di aplikasi dapodik 2020, ini solusinya!

Assalamualaikum sahabat, ada seorang rekan Operator SMP Karang Dapo Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara Sumatera Selatan, yang mengalami kendala saat akan mengubah Nomor rekening BOS di aplikasi dapodik sekolahnya. 

Sebelumnya, telah beredar berita Surat Edaran Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Nomor 0271/C/KU/2020 Tentang Pemberitahuan Pre Cut Off BOS Tahun 2020 tentang perubahan skema penyaluran dana BOS. Di dalam surat tersebut disampaikan hal-hal yang harus dilakukan oleh sekolah, dinas pendidikan, dan LPMP dalam rangka peningkatan layanan penyaluran BOS tahun 2020 ini, antara lain:

  1. Satuan Pendidikan menyampaikan laporan penggunaan BOS Tahun 2019 melalui laman bos.kemdikbud.go.id selambat-lambatnya tanggal 20 Januari 2020.
  2. Satuan pendidikan melakukan verifikasi melalui laman bos.kemdikbud.go.id sebelum tanggal 20 Januari 2020 untuk atribut data sebagai berikut:
  1. Nomor rekening BOS
  2. Nama rekening BOS
  3. Nama bank
  4. Kantor cabang bank
  5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sekolah
  6. Kode Pos Sekolah
Sebagai tindak lanjut dari surat tersebut operator sekolahlah yang berperan untuk mengupodate nomor rekening terbaru di website Portal BOS,  jika hal ini tidak dilakukan segera maka ditakutkan sekolah yang tidak mengupdate nomor rekening tidak akan mendapatkan bantuan Dana BOS lagi di tahun 2020 ini. 

Dimana kita akan memperbarui nomor rekening BOS tersebut?
Untuk memperbarui nomor rekening BOS sekolah kita harus login di Portal BOS, kemudian pilih login sso sekolah, jika tidak bisa dengan login SSO Dapodik gunakan login alternatif sebagai pilihan kedua.


masukkan email dan password dapodik yang didaftarkan di akun vervalsdm 

klik proses chaptca, pilih profil sekolah

Pilih menu Update Rening Bank

Kemudian silahkan isi kolom berikut,

Dan selesai untuk pengisan nomor rekening di website portal BOS.

Namun, ada juga yang mencoba mengisi di aplikasi dapodik sekolah, sebagai antisipasi agar tidak menjadi kendala di kemudian hari.

Cara mengisi di aplikasi dapodik yaitu dengan cara login aplikasi dapodik, kemudian pilih menu Sekolah yang ada di Dashboard Dapodik, Tarik Scroll ke bawah dan cari kolom nomor Rekening BOS, kemudian isilah nomor rekening yang baru tersebut disana.

Lalu, kenapa masih ada yang gagal menyimpan (save) isian Rekening tersebut di dapodik?

Hal ini dikarenakan versi dapodik yang masih lawas (lama) perbarui versi dapodiknya dulu.

Kemungkinan Versi dapodik 2020.a Patch 1 atau belum Patch sama sekali. Sedangkan saat ini sudah Dapodik 2020.a Patch 2.

Demikian informasi ini, semoga bermanfaat


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar

Terima Kasih