Monday, 8 June 2020

Mau Aplikasi cetak Surat Keterangan Kelulusan tahun 2020, yuk download disini!

(Update) Assalamualaikum sahabat edukasinfo, tak lama lagi kelulusan siswa Sekolah Dasar akan diumumkan, namun pengumuman ini tidak akan disiarkan secara umum. Seperti sekolah menengah yakni SMP dan SMA, kali ini siswa SD akan diumumkan melalui surat keterangan kelulusan. Dalam waktu yang begitu dekat dan singkat mungkin sebagian guru kelas akhir tidak sempat untuk mengetik atau menulis satu persatu surat keterangan kelulusan tersebut.

Namun, edukasinfo memberikan sebuah solusi buat guru kelas akhir agar tidak terlalu memakan waktu dalam menulis dan mengetik surat keterangan lulus.

Berikut ini akan kami sajikan aplikasi berbasis excel, yaitu aplikasi Cetak Surat Keterangan Kelulusan bagi siswa Sekolah Dasar. Walaupun demikian untuk sekolah menengah pun bisa menggunakan aplikasi ini.

Surat keterangan ini dibuat berdasarkan  Hasil Rapat Dewan Guru tentang Penentuan Kelulusan Kelulusan dan mengacu kepada Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, serta Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)

Silahkan download aplikasi cetak Surat Keterangan Kelulusan tahun 2020.


KLIK DISINI 

Baca juga:  APLIKASI CETAK SURAT KETERANGAN KELULUSAN 2020 v.002 

unduh disini  LINK 1, LINK 2, (versi Lawas)



Setelah kalian mendapatkannya,

yuk simak juga, bagian-bagiannya dan cara mengisinya!

Isi data sekolah dan data kop sekolah, seperti:
Pemerintah Kabupaten, diketik dengan kalimat PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA ...."(daerah sesuai domisili)
Instansi, diketik dengan nama Dinas Pendidikan,
Nama Sekolah, misalnya SD NEGERI 6 MUARA RUPIT
Akreditasi, diisi dengan Akreditasi A atau B atau C (sesuai dengan keadaan sekolah)
NPSN, diketik seperti ini NPSN 10601938
Alamat, isi alamat sekolah lengkap dengan kodepos
Nama Kepala Sekolah,
NIP Kepala Sekolah
dan terakhir Nomor Surat.
Kemudian isi data siswa dengan mengklik menu Data Siswa, (Bisa mengkopi dan mem-paste data dari data dapodik yang sudah diunduh dalam bentuk excel)


Isi data siswa, seperti data Nama Lengkap siswa sesuai Akte Kelahiran, Nomor Induk Siswa (NIS) atau Nomor Induk Peserta Didik (NIPD), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Tempat lahir siswa, tanggal lahir siswa, nama orang tua sesuai dengan data terakhir hasil verifikasi yang telah diberikan oleh dinas pendidikan, dan Nilai Rata-rata Ujian Sekolah atau Ijazah.

Bila ingin mencetak surat keteangan kelulusan kembali ke menu HOME dan pilih SURAT KETERANGAN LULUS kemudian dicek dahulu jika ada kekeliruan segera diubah. Pada kop sekolah ubah sendiri logo kabupaten/kota sesuai dengan keadaan sekolah.



Pilih CETAK. 

Demikian Surat Keterangan Kelulusan dari Edukasinfo.net berdasarkan  Hasil Rapat Dewan Guru tentang Penentuan Kelulusan Kelulusan dan mengacu kepada Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, serta Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Semoga bermanfaat.



NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih