F Informasi rilis dapodik 2021.c dan cara menginstalnya - Edukasinfo.Net

Monday 11 January 2021

Informasi rilis dapodik 2021.c dan cara menginstalnya

Assalamualaikum sahabat edukasinfo se-Nusantara, alhamdulillah selama beberapa pekan kita sudah beristirahat dari pengisian data di dapodik.  Mungkin juga ada sahabat edukasi yang menikmati masa liburan walaupun dalam liburannya terbatas karena harus memperhatikan protokol kesehatan.

 


Sahabat, hari ini Senin tanggal 11 Januari 2021 aplikasi dapodik semester genap tahun pelajaran 2020/2021 baru saja dirilis. Tentunya, hal ini merupakan kabar baik bagi kita operator sekolah mungkin selama ini masih berusaha memperbaiki data-datanya di aplikasi dapodik. 


Dapodik terbaru ini, adalah dapodik versi 2021.C, nah sebelumnya kita sudah menjalankan aplikasi dapodik 2021, 2021a, 2021b, dan kali ini lanjutannya adalah dapodik 2021.c. Sudah tentu setiap ada pembaruan dapodik selalu ada penambahan-penambahan dan pengurangan fitur. 


Apa sih yang terbaru di dapodik 2021.C ini?


Berdasarkan berita yang diunggah di website dapodikdasmen yang titujukan kepada, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala LPMP, Kepala PP/BP PAUD dan Dikmas Kepala PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PKBM, dan SKB, bahwa pembaruan-pembaruan tersebut meliputi:

 

  1. Penambahan isian variabel apakah pernah PAUD Formal dan apakah pernah PAUD Non Formal pada registrasi peserta didik.
  2. Penambahan isian variabel hobby dan cita-cita pada registrasi peserta didik.
  3. Penambahan validasi variabel yang wajib diisi (mandatory) pada formulir peserta didik untuk kebutuhan Assesmen Nasional (berlaku selain jenjang PKBM dan SKB).
  4. Penambahan tabulasi Kamar Mandi/WC pada menu Sarpras-Ruang.
  5. Penutupan tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB.
  6. Perubahan prosedur pemetaan anggota rombel untuk jenjang PKBM dan SKB (mengikuti jenjang formal).
  7. Perubahan filter pemilihan Ruang pada rombongan belajar Daring untuk jenjang PKBM dan SKB.
  8. Penutupan tambah GTK baru bagi SILN, sekolah dibawah naungan KEMENAG dan wilayah daerah khusus.
  9. Pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik.
  10. Perbaikan pada isian tingkat pendidikan bagi sekolah Pratama Widya Pasraman (sekolah dibawah naungan KEMENAG).
  11. Bugs fixing pada saat proses lanjutkan semester untuk kelas 13 pada jenjang SMK.


Nah, sahabat yang perlu diperhatikan lagi bahwa aplikasi dapodik versi 2021.C ini bukan patch, namun berupa installer. Artinya kita harus membuang aplikasi dapodik lama dengan men-uninstal secara permanen dan menginstal aplikasi dapodik vervsi 2021.c saat ini sebagai pengganti aplikasi dapodik 2021.b yang sebelumnya sudah ada di laptop.


Buka aplikasi control panel, kemudian di pilih uninstal program dan cari dapodik 2021 kemudian klik uninstal, nanti laptop akan diminta untuk restart, selanjutnya download aplikasi dapodik 2021.c dan lanjutkan dengan menjalankan instalasi, selanjutnya registrasi dengan salah satu cara dari dua cara yakni registrasi online dan offline. 


Untuk yang online tidak perlu lagi menggunakan prefill dapodik, sedangkan yang offline harus menggunakan prefill dapodik.


Nah, sahabat ayo tunggu apalagi, yuk segera uninstall dapodik lama dan instal dapodik baru.


Silahkan download Aplikasi Dapodik 2021 Versi C disini

Dapodik 2021 versi C, Download Via Mediafire

Dapodik 2021 versi C, Download Via Google Drive 

 

Sumber : Dapodikdasmen

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

1 comment:
Write komentar

Terima Kasih