F Cara menginstall dapodik 2022 - Edukasinfo.Net

Tuesday 20 July 2021

Cara menginstall dapodik 2022

Assalmualaikum sahabat edukasinfo.net, aplikasi dapodik 2022 sudah dapat kita unduh dan sudah dapat kita operasikan. Aplikasi dapodik terbaru dengan nama aplikasi dapodik 2022, ada beberapa hal yang diperbarui dan juga diperbaiki. Aplikasi dapodik 2022, sama halnya ketika pembaruan dapodik-dapodik sebelumnya, kini menampilan tampilan terbaru.


Baca Juga: Contoh soal Persiapan Tes PPPK 2021 Pedagogik 

 

Mungkin ada operator sekolah yang baru saja dipekerjakan oleh kepala sekolah, atau mungkin ada operator yang sudah lupa cara melakukan instalasi aplikasi dapodik. Karena, hal-hal tersebut yang mungkin di alami sahabat, maka di kesempatan ini, admin ingin membagikan cara menginstalasi aplikasi dapodik 2022.


Baca Juga : Contoh soal bakat Skolastik untuk persiapan menghadapi test seleksi PPPK 2021

 

Bagaimana cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2022 Yang Baik dan Benar? Rilis Aplikasi Dapodik  2022 di situs Pauddikdasmen, sudah dilengkapi petunjuk dan cara untuk menginstal aplikasi dapodik 2022. Namun walaupun sudah ada juknis tersebut admin juga akan membagikan cara menginstalasinya.

 

Yang harus kita lakukan sebelum melakukan instalasi adalah mengunduh aplikasi dapodik 2022 pada situs Pauddikdasmen atau klik tautan ini, selanjutnya setelah aplikasi dapodik 2021 terdownload simpan file aplikasi tersebut. Selanjutnya lakukan penghapusan aplikasi dapodik yang lama, yakni dapodik 2021.c, karena versi installer yang terakhir digunakan adalah versi c, bukan versi d, e atau f, sebab dapodik versi d, e dan f hanya patch atau upgrade saja.

 

Setelah aplikasi dapodik lama terhapus, komputer/laptop  dalam proses restart, barulah kita menginstal aplikasi dapodik 2022 yang sudah di download sebelumnya. Jalankan, peoses instalasi dengan bertahap. Klik menu lanjut, klik saya setuju, klik lanjut lagi, tunggu sampai proses instalasi selesai.


Kemudian, jika instalasi dapodik 2022 selesai, lanjutkan dengan melakukan registrasi dapodik 2022, dengan menggunakan kode registasi, email dan password dapodik yang kita gunakan sebelumnya. Pilih cara yang akan ditentukan dalam instalasi apakah dengan cara offline atau dengan cara online. Bagi sekolah yang kesulitan sinyal admin sarankan untuk menggunakan cara offline, namun operator sekolah harus mengunduh prefill dapodik di situs Pauddikdasmen. Sedangkan, bagi mereka yang bertempat tinggal di daerah yang kuat internetnya bisa menggunakan cara instalasi online dan cara online ini tidak memerlukan unduhan prefill dapodik.

 


 

Tunggu beberapa saat, sampai proses instalasi dapodik 2022 ini selesai, kemudian lakukan akses login dengan email dan password dapodik yang lama. Dan, ketika kita sudah berhasil akses di dapodik 2022 ini, selanjutnya akan muncul kolom perintah untuk mengganti password dapodik. Nah, sahabat operator dapodik wajib mengubah password akun pengguna di dapodik 2022.


 

Baca Juga : Operator Dapodik wajib mengubah password akun pengguna di dapodik 2022


Jika telah selesai mengganti password dapodik 2022, kemudian kembali login lagi dengan menggunakan email dapodik (email lama) dan password yang baru saja diperbarui. 


Demikian Cara menginstall dapodik 2022, semoga bermanfaat. Sekamat bekerja!

 

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

1 comment:
Write komentar
  1. Mantap Pak Wo, informasi yang sangat bermanfaat.😊💪

    ReplyDelete

Terima Kasih