F Tidak perlu mengisi ulang seluruh data dapodik, Yuk Baca Fungsi Menu aksi dan menu Salin data periodik di Dapodik 2022! - Edukasinfo.Net

Wednesday 21 July 2021

Tidak perlu mengisi ulang seluruh data dapodik, Yuk Baca Fungsi Menu aksi dan menu Salin data periodik di Dapodik 2022!

Assalamu'alaikum sahabat edukasinfo.net , pada aplikasi dapodik 2022 atau aplikasi dapodik terbaru ini data di dalam aplikasi akan menjadi kosong seperti tidak ada isi sama sekali. Jika kita tidak tahu, kita akan menganggap bahwa pengenterian data akan diulangi dari awal lagi, padahal tidak demikian sahabat.

 


Baca Juga: Cara menginstall dapodik 2022 

 

Yang pertama pada menu Sarana Prasarana (Sarpras), Menu aksi dan salin data periodik dan menu kondisi di menu sarpras, fungsi menu Aksi dan Salin data periodik di Menu Sarpras ini adalah untuk mengambil data Sarpras yang ada pada dapodik sebelumnya yakni dapodik 2021.


Caranya, klik Menu Sarpras, Pilih Tanah dan Bangunan, Lihat pada Button (menu) di atas pilih Menu Aksi, Klik tanda segitiga dan pilih Salin Data Periodik. Maka, data Sarpras yang sudah ada sebelumnya tidak akan hilang dari aplikasi.


Baca Juga : Operator Dapodik wajib mengubah password akun pengguna di dapodik 2022 

 

Yang kedua pada di menu GTK yakni Guru dan Tendik, Fungsi Menu Salin Data Periodik adalah untuk menarik data Guru dan Tendik yang ada pada Dapodik sebelumnya. Caranya, klik Menu Guru atau Tendik pilih Menu Salin Data Periodik dan klik, tunggu beberapa menit, maka data-data guru dan tendik yang ada di dapodik sebelumnya akan kembali muncul di dapodik 2022.


Baca Juga : Yuk, Sekarang Giliran Kita!

 

Yang ketiga pada menu Rombongan Belajar atau Rombel.  Menu Aksi disini berfungsi untuk menaikkan siswa sebelumnya ke rombel/kelas saat ini, hal ini mudah dilakukan jika seluruh siswa naik kelas. Jadi tugas kita nanti adalah mengetik atau mengentri data siswa kelas 1 untuk SD, sedangkan untuk Sekolah Menengah adalah dengan menarik data di akun dapodik online (https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/).

 

Baca Juga : Yuk, kita mengenal sosok Muhammad Shalallahu'alaihi wassalam

 

Demikian penjelasan mengenai fungsi Menu aksi dan Salin Data Periodik yang di dapodik 2022, semoga bermanfaat.




NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih