F Aplikasi pemetaan mutu untuk lembaga dan operator/verifikator daerah/satdik - Edukasinfo.Net

Friday 17 September 2021

Aplikasi pemetaan mutu untuk lembaga dan operator/verifikator daerah/satdik

Assalamualaikum sahabat edukasinfo.net, berikut adalah isian yang ada di pemetaan mutu untuk lembaga dan operator/verifikator daerah dan satuan pendidikan.


Masuk ke laman Link berikut ini http://bit.ly/mutupauddikmas, dengan menggunakan USER dan Password yakni NPSN sekolah.

Pilih program yang terdapat pada lembaga Anda

 

Klik tombol di bawah untuk menampilkan instrumen pemetaan mutu dari program yang Anda pilih. Kemudian kita akan mengisi instrumen berikut ini :


Salah satu contoh poin yang harus diisi adalah Kompetensi lulusan Pendidikan Kesetaraan. Kompetensi lulusan Pendidikan Kesetaraan adalah kualifikasi lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan lulusan yang harus dicapai dari program kesetaraan pada PKBM dan SAtuan PNF sejenis.

 

Satuan dikatakan memiliki dokumen SKL program keterampilan tertentu apabila:

  • dokumen disusun sendiri oleh satuan dengan mengacu pada sumber referensi tertentu

  • disahkan oleh pimpinan

  • ada SK penetapan penggunaan SKL/berita acara penggunaan SKL/daftar hadir penyusunan

  • digunakan oleh satuan sebagai acuan dalam penyusunan kurikulum dan pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik

Ketersediaan dokumen kompetensi lulusan untuk program paket A/B/C


Catatan
Apabila tidak terdapat dokumen SKL maka penyebabnya adalah karena:

1.2. Profil lulusan

Penjelasan

Profil lulusan adalah gambaran lulusan sesuai dengan kemampuan/kompetensi sebagaimana yang digambarkan dalam indikator yang diakui oleh pemerintah, asosiasi/komunitas program belajar atau stakeholder lainnya pada setiap program yang diselenggarakan PKBM atau Satuan PNF sejenis.

 

Satuan dikatakan memiliki dokumen profil lulusan apabila dokumen tersebut memuat gambaran kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan yang mengikuti program kesetaraan pada satuan yang mengacu pada SKL dalam dimensi  sikap, pengetahuan dan keterampilan yang disusun sendiri oleh satuan dan mendapatkan pengesahan dari pimpinan satuan.

Ketersediaan dokumen profil lulusan sesuai indikator yang diakui oleh pemerintah, asosiasi/ komunitas program belajar atau stakeholder lainnya.

Catatan Jika tidak memiliki dokumen yang akan diupload

Apabila tidak terdapat dokumen profil lulusan maka penyebabnya adalah karena:

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih