F Kamu yang mau ikut CPNS, Sekolah Kedinasan, atau UTBK SMBPTN, yuk latih pengetahuanmu di Mediasimulasi - Edukasinfo.Net

Tuesday 29 March 2022

Kamu yang mau ikut CPNS, Sekolah Kedinasan, atau UTBK SMBPTN, yuk latih pengetahuanmu di Mediasimulasi

Assalamualaikum sahabat edukasinfo.net, dalam mempersiapkan diri menghadapi test Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Sekolah Kedinasan atau Ujian masuk Perguruan Tinggi (UTBK SMBPTN), dari jauh-jauh hari perlu kita persiapkan, baik dari segi pengetahuan maupun dari kesiapan diri sendiri. Nah, sahabat salah satu situs yang menyediakan simulasi untuk menghadapi ujian-ujian tersebut adalah mediasimulasi.com.


Di situs mediasimulasi.com ini kalian bisa belajar gratis alias tidak bayar. Artinya kalian hanya membutuhkan jaringan internet untuk mengakses situs ini, dan selanjutnya kalian bisa langsung mengunjungi situs mediasimulasi ini dengan sepuasnya.


Seperti halnya bagi para peminat dan calon pelamar CPNS, bisa langsung mengklik menu CPNS Klik Diisini. soal-soal yang akan diuji disitus ini adalah soal-soal yang pernah keluar di SKD CPNS sebelumnya, yaitu Test Wawasan kebangsaan (TWK), Tes Intelegansi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).  Nah, tes SKD ini lah yang menentukan kalian bisa melanjutkan ke tes-tes berikutnya, jika lulus disini kalian akan dapat mengikuti tes SKB yakni Tes Kompetensi Bidang. Di situs ini juga diuji juga dengan soal-soal pada tes SKB. Nah, test SKB inilah penentu kalian lulus atau tidaknya menjadi CPNS. Masih dilaman yang sama jika sudah siap, pilih jenis tes yang akan diuji, yaitu TWK dan TKP.

 

Sahabat, pada tahun 2022 ini kemungkinan Ujian CPNS ditiadakan, sebagaimana disebutkan melalui kompas.com bahwa  Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memastikan tidak ada rekrutmen calon pegawai negeri sipil tahun 2022, namun hanya akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Disini kita berharap semoga mediasimulasi juga memberi ruang untuk calon peserta tes PPPK bisa melakukan simulasi sebelum menghadapi tes sungguhan, dan untuk kalian yang bercita-cita mengikuti CPNS semoga di tahun yang akan datang bisa untuk mengikuti Tes CPNS.


Selanjutnya yang ada di Mediasimulasi adalah Tryout Tes Masuk Sekolah Kedinasan. Sekolah Kedinasan sebagaimana dilansir dari detik.com adalah perguruan tinggi yang punya ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan. Lulus dari Sekolah ini, kalian bisa langsung mengisi lapangan kerja dan biasanya lulusan sekolah kedinasan langsung diangkat menjadi CPNS. Nah, bukan main asyiknya bila kita bisa sekolah di sekolah kedinasan.


Untuk dapat mengikuti tes penerimaan Mahasiswa sekolah kedinasan ini, 

  1. calon peserta harus mengikuti alur yang sudah ditentukan. Caranya yaitu dengan mengunjungi situs https://dikdin.bkn.go.id/, selanjutnya membuat akun di situs sscasn sekolah kedinasan dengan menggunakan NIK yang sudah tervalidasi dengan Dukcapil. Setelah mendaftarkan akun selanjutnya bisa melakukan login disitus https://dikdin.bkn.go.id dengan NIK yang sudah didaftarkan sebelumnya. 
  2. Lanjutkan cek resume dan cetak kartu pendaftaran, Verifikator instansi memverifikasi data dan berkas pelamar. 
  3. Pengumuman_ hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN 
  4. Pelamar mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing - masing instansi 
  5. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem 
  6. Pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan. 
  7. Yang terakhir login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan.


Nah, sahabat namun sebelum melangkah ke alur pendaftaran, ada baiknya kalian mengukur kemampuan pengetahuan kalian di mediasimulasi terlebih dahulu. Mudah-mudahan bagi kalian yang ikut pendaftaran yang dikabarkan akan dibuka pada tanggal 9 April 2022 sampai dengan 30 April 2022 nanti, bisa berhasil dengan nilai terbaik.


Dikutip dari dikdin.bkn.go.id, Senin (28/3/2022), bahwa pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 akan dibuka mulai 9 sampai 30 April 2022. Kedelapan instansi yang membuka seleksi sekolah kedinasan antara lain: Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Badan Intelijen Negara, Badan Pusat Statistik Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika dan terakhir adalah Badan Siber dan Sandi Negara.  Nah, yuk persiapkan diri kalian untuk mengikuti seleksi mahasiswa sekolah kedinasan terutama dengan menguji kemampuan di mediasimulasi.


Kemudian, simulasi yang juga dapat diikuti di mediasimulasi ini adalah simulasi tes penerimaan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri.  Buat kalian yang baru saja tamat Sekolah Menengah Atas atau sederajat dan ingin memasuki Universitas Negeri yang ada di indonesia, tidak ada salahnya untuk mencoba kemampuan diri di mediasimulasi. Caranya Klik menu UTBK SBMPTN yang ada di situs mediasimulasi, kemudian klik Tes Potensi Skolastik. Selanjutnya akan diminta untuk memilih paket soal.

Apa saja Tes yang akan diikuti oleh peserta pada tes UTBK SBMPTN ini?

UTBK SBMPTN yang akan dibuka pada tanggal 23 Maret 2022 sampai dengan  15 April 2022 ini, menguji kemampuan yang terdiri dari tiga tes kemampuan yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).  

  1. TPS adalah mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif (mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar), Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
  2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris yaitu mengukur skill Bahasa inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi jika nanti lulus UTBK ini.
  3. TKA yaitu Mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. Juga dalam hal mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah.

 

UTBK SBMPTN 2022 ini dapat diikuti oleh siswa alumni atau lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).


Nah, sahabat itulah 3 simulasi yang bisa kalian pilih dan ikuti secara gratis di mediasimulasi.com. Silahkan kalian pilih sesuai dengan jenis tes yang akan kalian ikuti nanti. Mudah-mudahan kalian semua diberikan kemudahan dan berhasil lulus pada tes CPNS, Sekolah kedinasan atau UTBK SMBPTN.


Sumber Referensi : 

  1. https://www.mediasimulasi.com/
  2. Kompas.com
  3. Detik.com
  4. Tribunnews.com

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih