F Ubah angka menjadi tulisan di excel, oh ternyata mudah sekali caranya! - Edukasinfo.Net

Thursday 2 February 2023

Ubah angka menjadi tulisan di excel, oh ternyata mudah sekali caranya!

Bismillah, sahabat edukasinfo.net, Cara mengaktifkan Add-In "terbilang" di excel itu sangatlah mudah jika mau mengikuti langkah-langkahnya dengan teliti. Namun, sebelum mengaktifkan Add-In tersebut, kita juga harus tahu apa itu Add-In "Terbilang". 

Baca Juga : Awas hati-hati dengan surat edaran yang mengatasnamakan Kemdikbud

 

Add- In terbilang adalah cara mengubah Angka atau Nominal yang ada di Excel menjadi Tulisan, seperti 1000 akan tertulis otomatis sebagai kata "Seribu". Nah, sahabat, hal ini tentunya dapat meringankan pekerjaan kita yang seharusnya mengetik tulisan angka namun secara otomatis angka-angka itu sudah bisa kita baca dan tak perlu kita mengetiknya. 


Untuk itulah kita membutuhkan komponen fungsi  Add-In "Terbilang" ini untuk di letakkan di aplikasi microsoft excel yang kita miliki. Jika Add-In "Terbilang ini tidak terinstal, maka tulisan angka-angka yang kita harapkan tidak akan muncul.

 

Baca Juga : Cara mengetahui link aman atau tidak melalui google 

 

Bagaimana cara membuat angka menjadi tulisan di excel?

Caranya adalah sebagai berikut:

 

Download Add-In "Terbilang terlebih dahulu. Bila belum memiliki Add-In terbilang kalian bisa mendownloadnya di link berikut ini:

 

link 1 

link 2 

link 3 

"Pilih salah satu"

 

Simpan hasil download tadi di folder,


Buka Aplikasi Excel yang ada di laptop kita masing-masing,

 

kemudian pilih Menu Option

 


 

kemudian pilih Add-In


pada kolom manage pilih Add-In Excel kemudian klik go

 


 
centang tulisan 'terbilang" dan klik ok

 


 

Jika sudah selesai, kalian bisa mencobanya. Silahkan ketik angka berapa pun yang kalian inginkan, kemudian pada kolom sebelahnya ketik sama dengan terbilang buka kurung arahkan kursor ke cell yang diisi dengan angka tadi, kemudian tutup kurung dan enter.


ini hasilnya,


Untuk menambah Rupiah belakangnya ketikan & " Rupiah"

 
untuk mengubah awal angka menjadi hurup kapital, gunakan sama dengan dan proper. Namun ini Insya Allah akan di bahas dilain waktu jika ada kesempatan.

 

Semoga bermanfaat.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih