Wednesday, 7 March 2018

Absen Online terkunci, data belum diperbaiki! Jangan panik dulu, silahkan baca artikel berikut.


Assalamualaikum sahabat edukasinfo.net. Kalian pernah mendengar kata-kata ini, tidak sesuatu ada masalah pun yang tidak ada solusinya (penyelesaiannya). Pasti, masalah yang ada kita hadapi saat ini punya jalan keluarnya, asal kita mau berusaha dan mencari informasi mengenai jalan keluar masalah tersebut, kecuali kematian, karena kematian tidak akan bisa ditunda dan apapun solusinya tidak akan bisa membuat manusia hidup lagi. Hal ini juga senada dengan peribahasa "banyak jalan menuju roma", di dalam setiap perjalan hidup pasti akan kita jumpai banyak kendala baik itu mudah maupun sulit. Allah SWT pun telah menjelaskan di dalam Al Qur'an bahwa dibalik setiap kesulitan pasti ada kemudahan. 


Seperti pada pengalaman saya kali ini, saat mengerjakan absen online dengan menggunakan akun kepsek, saya mengalami hal yang mungkin bagi sebagian orang tidak mungkin bisa diselesaikan, karena tertera tulisan di sana bahwa Daftar kehadiran bulan Maret semester 20172 SUDAH KUNCI, Daftar hadir hanya dapat proses checklist dan diedit ulang data kehadirannya sebelum dikunci. Yah, secara tidak sengaja data absen harian untuk bulan maret terkunci, padahal bulan tersebut sedang berjalan saat ini, dan itupun belum terisi alias kosong. 


Setelah saya bertanya-tanya kepada rekan operator lain yang memiliki akses koneksi dengan tim server absen online pusat yakni bapak Nazaruddin dalam akun facebooknya Nazarudin Kompetan, akhirnya absen online yang terkunci bisa diconteng lagi. Adapun pesannya tersebut ialah bahwa bila absensi terkunci seperti pada bulan Maret ini, biasanya akan dibuka sistem saat rekap dijalankan yakni pada jam 4 sore.


Jika sudah bertepatan jam 4 sore, silahkan centang absen online harianmu yang bermasalah, dan perbaiki yang keliru. Dan setelah dikerjakan pada waktu yang ditunjuk di atas, maka insya Allah akun dhgtk  pun kembali seperti sedia kala, yakni tulisan kuncian di atas tadi berubah menjadi seperti di bawah ini,


Nah, itulah solusi jika absen online kita terkunci, dan kita ingin memperbaikinya kembali. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber : Foppsi Sumsel

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.