Saturday, 2 November 2019

Cara mengedit Laporan Absen Finger Print

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, Finger Print saat ini bukan lagi barang yang di anggap baru. Di setiap instansi baik pemerintahan maupun swasta sudah menggunakan finger print sebagai alat untuk mengabsen para pegawai. Begitu banyak merk dan tipe finger print yang beredar dan digunakan, dan semuanya itu pada intinya adalah untuk mendata kehadiran para pegawai yang hadir atau pun tidak. Finger print tidak hanya digunakan dikalangan para pegawai, bahkan sekolahan pun ada yang mengabsen siswanya dengan menggunakan Fingerprint sebagai pendata kehadiran siswa.


Sahabat, kadangkala saat akan mencetak hasil fingerprint muncul permasalahan, salah satu permasalahan itu seperti tulisan atau angka yang ada pada laporan kehadiran tidak sesuai dengan kehadiran para pegawai, meskipun kita telah melakukan pengeditan pada aplikasinya. Masalah ini kemungkinan muncul akibat import data scan sidik jari dari flashdisk tidak sinkron dengan isian pada aplikasi. Kesalahan entry data tersebut sebenarnya bisa diperbaiki tanpa harus mengeditnya pada tabel-tabel yang ada di dalam aplikasi, kesalahan tersebut bisa diperbaiki melalui hasil laporan cetak yang akan kita print out. 

Lalu, bagaimana cara memperbaikinya?

Mari kita perhatikan langkah-langkah berikut ini:

bukalah aplikasi atttandance managemen yang ada di laptop kalian.

Baca Juga :

Selanjutnya,Klik menu laporan 


Jika sudah di klik akan muncul tampilan berikut ini,



  1. Pilih Nama yang akan kita cetak, jika yang akan di cetak perorangan, tapi jika yang akan dicetak adalah kehadiran seluruh pegawai, maka pilih semua.
  2. Tentukan tanggal bulan dan tahun masa absensi yang akan dicetak.
  3. Klik Menu Kalkulasi
  4. dan selanjutnya klik menu laporan
Jika menu laporan sudah di klik, tampilan selanjutnya adalah seperti gambar berikut ini,



Pada menu laporan adalah pilihan laporan yang akan kita cetak, seperti Laporan harian, laporan rekapitulasi, laporan per departemen, data scan karyawan, jadwal harian karyawan, laporan detail harian, data transaksi karyawan, laporan lembur harian dan buat laporan dari tampilan aktif.  Semua laporan tersebut jika kita cetak print out seluruhnya maka sungguh berkas yang akan kita miliki terlalu banyak dan tebal, namun hal ini tergantung dari kebijakan atasan instansi masing-masing. Mungkin ada instansi yang hanya mencetak laporan harian saja, atau laporan rekapitulasi saja, atau juga data scan karyawan dan seterusnya. 

Nah, pada kali ini admin akan memberikan contoh hasil laporan yang di edit pada Laporan harian pegawai saja. Jika yang akan kita cetak laporan harian maka pilih dan klik menu laporan harian,

Selanjutnya pada kolom yang ditampilkan pilih tulisan atau angka yang akan kita ganti.  Contoh, yang akan kita ganti atau kita ubah adalah angka 27 pada kolom jumlah hari atas kehadiran nama Nata Antorius. Klik, dan ubahlah,

Inilah hasilnya,

 Jika pengeditan telah selesai selanjutnya kita keluar dari laman ini dengan mengklik menu Close,


Pilih konfirmasi save changes dan klik tombol yes.


Data laporan absensi sudah selesai diperbaiki. 
Cara mengedit laporan absen finger print ini dilakukan pada mesin finger print merk solution tipe P 207.
Mudahkan!!!


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar