Friday, 22 November 2019

Cara mengedit Data Siswa di VervalPD versi terbaru (update 02/12/2019)

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, beberapa hari ini situs vervalpd (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik) tidak bisa diakses. Mungkin banyak sahabat yang menunggu kapan situs tersebut bisa dibuka. Namun saat ini situs VervalPD 2019 sudah berbenah dan berganti wajah dan tampilan baru. Mungkin Kalian banyak yang belum tahu tentang hal ini. Bahwa, situs verval yang dikembangkan Manajemen Data Peserta Didik Versi 2.0, PDSPK 2019, sekarang sudah lebih baik dan menarik. 

Untuk mempersiapkan Ujian Nasional, kita diharuskan memperbaiki data siswa kelas akhir yang mungkin masih ada yang kurang atau salah. Seperti kita ketahui bahwa di aplikasi dapodik data siswa  yang bisa di edit dan dubah hanya Nama Ayah sedangkan nama siswa, NISN, tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu, dan jenis kelamin itu hanya bisa diperbaiki disitus Verval PD.

Sahabat, pasti sudah tidak sabarkan mengerjakan vervalpd ini, namun sebelum melanjutnya lihat dulu tampilan baru dari situs VervalPD ini.

Lihat juga fitur - fitur dalam tampilan yang baru, ada Peserta Didik dan Residu yang terdapat dalam menu Data, kemudian ada Edit NISN, edit Identitas dan panduan.


Baiklah sahabat, kita lanjutkan cara mengedit atau mengubah data siswa yang keliru atau salah di verval pd terbaru ini.

Klik Menu Login yang ada dipojok kanan atas tampilan  seperti gambar berikut,

Selanjutnya kita akan diarahkan ke kolom username dan password seperti biasanya pada vervalpd yang lama.


Ketikkan Email/Username dan password yang digunakan saat mendaftar di vervalsdm, bukan username dan password  dapodik. Namun jika email dan password dapodik dengan yang didaftar di vervalsdm sama maka kita langsung saja menggunakan email dapodik. Selanjutnya jika telah masuk ke laman verval pd kita akan disajikan menu-menu seperti yang admin sebutkan di atas tadi.
 Baca Cara mendaftar akun di vervalsdm
Sahabat, saat kita akan mengubah atau mengedit data siswa baik itu NISN ataupun data-data seperti nama siswa, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu.

Jika kita akan memperbaiki data nama siswa, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu, pilih pada menu pengelolaan dan pilih menu edit identitas seperti gambar berikut ini,


Kemudian akan muncul tampilan nama siswa atau kalian bisa mengetik nama siswa yang akan diubah dimenu pencarian dengan icon kaca pembesar. Jika sudah melakukan pencarian dan ketemu dengan nama yang dimaksud maka akan tampil lagi kolom seperti berikut. Pada kolom ini, terdiri dari Variabel data lama dan data baru, pada kolom BARU ini kita akan memperbaiki data yang salah. Lanjutkan dengan mengklik menu VALIDASI jika data sudah diubah.

Jika sudah di validasi akan tampil seperti gambar berikut ini.
Upload Foto Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga (KK) siswa (dalam bentuk file JPEG atau PNG)  yang akan diperbaiki dengan mengklik menu Browse. Setelah Foto tampil klik  UPDATE DATA.


Upload foto selesai, tugas kita menunggu konfirmasi dari Operator / Admin Dinas Pendidikan. Biasanya akan dikonfirmasi di hari dan jam kerja.


Demikian Cara mengedit Data Siswa di VervalPD baru ini, semoga bermanfaat.
Eiit, terakhir jangan lupa setelah melakukan VervalPD sinkronisasi Aplikasi Dapodik.
unduh Panduan oleh pdspk dalam file Pdf

WaSsalam

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar