Thursday, 21 November 2019

Cara mudah download Prefill pmp 2019 menggunakan Generate Prefill Nasional

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, lama sudah kita menanti aplikasi pmp bisa dijalankan dengan tanpa ada rintangan apapun. Dan kini saatnya kita mencoba memulai menggunakan aplikasi EDS PMP versi Offline. Namun, setelah banyak yang mencoba menginstal dan akan menjalankan registrasi banyak juga yang gagal. Dan ini sudah pasti menjadi PR bagi pengembang aplikasi PMP.
Saat ini kita telah sampai pada titik dimana aplikasi PMP versi Offline sudah bisa untuk digunakan, sedangkan permasalahan yang kita alami saat mendownload Prefill PMP sudah ada solusinya. Sahabat, di situs resmi pmp disdakmen, dapat kita unduh prefill ini. Ada dua cara untuk mengunduh prefill PMP, yang pertama yaitu dengan  Generate Prefill Nasional dan yang kedua Generate Prefill Reguler. Namun yang kedua ini saat ini masih tidak bisa diakses dengan sempurna.

Untuk di awal registrasi disarankan menggunakan cara pertama.
Yuk, kita kunjungi link http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, selanjutnya pilih prefill PMP2019.
Ingat, sebelum menyimpan prefill ini pastinya kalian sudah menginstall Aplikasi PMP offline ini ke laptop. 
Baca Juga Akhirnya aplikasi PMP 2019 telah dirilis, setelah gagal update versi online
Baca Juga Cara mengubah status tidak diangkat NUKS di situs LPPKS
Generate Prefill Nasional (Prefill awal hanya sekali pakai*)
1) Pilih menu Prefill PMP 2019
2) Ketikkan NPSN, kemudian enter
 

   Jika sudah muncul nama sekolahnya, klik Unduh Prefill 

Pindahkan prefill hasil unduhan ke folder Prefill_dapodik, dengan cara copy paste atau cut. File unduhan prefill disimpan pada folder c:/prefill_dapodik, kemudian lakukan registrasi EDS Offline
Registrasi EDS Offline hasil generate prefill nasional menggunakan user: u_prefill_pmp dan password: p4ssw0rd_pmp dan Kode Registrasi Sekolah. Klik Registrasi,


Kemudian masukkan password seperti petunjuk di atas, dan klik registrasi sekali lagi, kemudian  tunggu sebentar hingga kembali lagi ke menu login.

Catatan :
  1. Prefill ini hanya dapat digunakan satu kali saja pada saat registrasi EDS Offline pertama kali setelah diinstall.
  2. Dikhususkan untuk sekolah yang sinkronisasi terakhir tanggal 15 November 2019 atau sekolah yang belum pernah melakukan penginputan EDS Offline.
  3. Selanjutnya, jika telah terjadi perubahan/penginputan data, prefill ini tidak dapat digunakan kembali dan harus menggunakan generate prefill reguler terbaru yang telah disediakan di bawah pilihan Generate Prefill Nasional.
Jika sudah selesai mengunduh  dan menyimpan prefill di Folder Prefill_dapodik, dan selesai registrasi.  Maka, kita akan di arahkan ke menu login kembali, namun saat login gunakan email dan password yang digunakan saat mengakses dapodik.


Selanjutnya tunggu sesaat,

 
Alhamdulillah aplikasi EDS Dikdasmen Offline atau Aplikasi PMP 2019 sudah bisa kita jalankan.

Catatan :
Generate Prefill Reguler (Prefill untuk transaksional dan perubahan data*)
  1. Prefill generate reguler menggunakan akun Dapodik pada saat Registrasi.
  2. Prefill ini digunakan sekolah telah melakukan penginputan data dan sinkronisasi.
  3. Pilih link unduhan prefill dari beberapa alternatif link di bawah ini sesuai wilayah sekolah anda.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar