Saturday, 18 April 2020

Cara menghapus aplikasi ARKAS 2020 secara permanen tanpa instal laptop. bag. 2

Assalmualaikum sahabat edukasinfo, barangkali sering kita sebagai pengentri dana sekolah baik operator sekolah maupun bendahara menjadi jenuh terhadap aplikasi ARKAS atau RKAS ini. Hal ini mungkin saja ditemui saat akan mengisntsal ulang aplikasi ARKAS tersebut. Yaitu, data-data lama yang pernah ada di aplikasi tersebut tidak menghilang, malahan kembali seperti itulah. Atau mungkin ada sahabat yang ingin mengganti email dan password aplikasi ARKAS tersebut dengan email dan password yang baru, namun tetap tidak bisa. 


Dulu, admin pernah membahas hal ini, mengenai Menghapus Aplikasi e-RKAS secara permanen, tanpa harus instal laptop. Mengapa admin membagikan cara ini, karena saat itu masih banyak sahabat-sahabat kita dan termasuk admin sendiri yang tidak tau cara menghapus aplikasi e-RKAS atau ARKAS ini agar tidak tersimpan lagi di laptop, baik aplikasi maupun database yang ada di laptop, yang merupakan bawaan aplikasi.

Sebenarnya cara menghapus aplikasi ARKAS 2000 ini sangatlah mudah, dan tak perlu lagi menggunkan aplikasi tambahan seperti yang pernah admin bahas, misalkan dengan menggunakan Revo Uninstall. Namun, cukup dengan menggunakan aplikasi bawaan windows yang ada pada laptop kita sendiri dan kemudian ada cara-cara yang lainnya.

Adapun aplikasi tersebut yaitu Control Panel! Sudah tak asing kan, bagi kalian  yang suka menghadapi komputer atau laptop. Jika, Icon Control Panel tidak ada di tampilan depan laptop kalian (desktop) maka kalian bisa menggunakan menu searching (pencarian) yang ada di desktop laptop kalian, dengan mengketik control panel.

Jika kalian sudah menemukan Aplikasi control panel, cari Program dan uninstal,

 

Cari tulisan ARKAS versi 2.02, kemudian klik dan pilih uninstall.



Nah, sampai disini aplikasi sebenarnya sudah terhapus, namun databasenya masih ada di laptop kita.

Lalu, bagaimana cara menghapus databasenya?

Buka folder C yang ada di window laptop kalian, kemudian klik cursor pada browser yang ada di folder c tersebut seperti ini,

 

ketik tulisan %appdata% di sana.


Klik folder artech, dan hapus folder RKAS dan folder Artech tersebut.

 

 

Dan, aplikasi ARKAS /e-RKAS berhasil dihapus secara permanen. 

Semoga berhasil.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih