Thursday, 28 May 2020

Update : Berbagi aplikasi Ijazah dan SKHU tahun Pelajaran 2019/2020 (Update 29/05/2020)

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, tak lama lagi sekolah akan meluluskan siswa siswi kelas akhir. Namun, para guru kelas akhir terutama kelas 6 Sekolah Dasar perlu format untuk menulis nilai ke dalam SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian).


Disini edukasinfo akan berbagi sebuah aplikasi guna menyalin data hasil ujian dan Ijazah. Sedikit cerita, tadi siang salah seorang guru meminta ke admin format SKHU, karena di arsip kami pun tak memiliki, makanya kami mencoba untuk berselancar di dunia google, dengan sebuah pencarian yaitu format SKHU, yang pastinya yang teranyar (terbaru).  Dan Alhamdulillah, akhirnya pilihan terpaut pada postingan situs sdnegeridabung2.blogspot.com yang dikelolah oleh lutfi. Sebenarnya, aplikasi yang berbasis excel ini aslinya berasal dari website www.kangmartho.com yang dikelola oleh bapak Martho, dengan tujuan untuk memudahkan para guru dan operator sekolah, dan  khususnya guru kelas 6 dalam mengisi nilai SKHU, namunbentuk format mungkin saja bisa berubah sesuai dengan peraturan dan kebijakan pemerintah.

Menu yag terdiri dari delapan mata pelajaran umum dan dua muatan lokal, namun muatan lokal yang ada pada aplikasi ini adalah Bahasa Jawa dan Bahsa Inggris. Namun, itu bisa diedit pada tampilan format SKHU.

Lalu bagaimana cara mengoperasikannya?
  1. Isi data sesuai lembaga / sekolah
  2. Isi data siswa pada Sheet siswa dengan memasukkan data siswa serta menyesuaikan mata pelajaran beserta SKM
  3. Isi nilai per mapel setiap siswa dari semester 7 sampai semester 12
  4. Nilai semester 12 di dapat dari pembelajaran tatap muka sebelum diberlakukan belajar dirumah dan di tambah hasil penilaian kegiatan di rumah, baik secara daring maupun lembar kerja siswa (luring).
  5. Pilih blanko SKHU sesuai dengan kurikulum baik Kurikulum KTSP 2006 maupun K13.
Nah, sahabat yuk diunduh Aplikasinya, semoga bisa memberikan manfaat.



ATAU


Sumber :  www.kangmartho.com, sdnegeridabung2.blogspot.com

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih