Monday, 15 June 2020

Mengapa Dana BOS tahap 2 tahun 2020 belum cair?

Sahabat, saat ini masih banyak sekolah-sekolah yang belum menerima dana BOS tahap 2 tahun 2020. Misalnya, di SMKN 1 Al Mubarkeya di Aceh Besar (berdasarkan data Jawa Pos), hingga saat ini pencairan gelombang I bahkan belum diterima. Kondisi yang sama dirasakan sekolah di wilayah Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Juga di Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan masih ada beberapa sekolah yang sampai saat ini juga belum mendapatkan penyaluran Dana BOS tahap 2 Tahun 2020. Bagi yangmembutuhkan informasi pencairan dan penyaluran dana Bos pertahap kunjungi situs ini Bos Kemdikbud.








Bapak Ramli (ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Muhammad Ramli Rahim) menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan keterlambatan pencairan tersebut. Mulai penggunaan rekening daerah, terlambat update dapodik, rekening bukan atas nama lembaga (perseorangan), rekening ganda, hingga rekening tidak aktif atau nama rekening dan nama profil di akun Bos Online sekolah beda.
 
Berdasarkan data yang didapat dari browsing di google bahwa total sasaran BOS sejumlah 216.593 sekolah, dan yang ditetapkan Kepmendikbud sebanyak 216.390 sekolah. Selainnya, sejumlah 203 sekolah tidak dapat ditetapkan karena beberapa permasalahan diantaranya sekolah dengan kode bank kosong (49), sekolah dengan kode dan nomor rekening kosong (27), sekolah tutup (42), sekolah swasta menolak (81), sekolah dengan jenjang PAUD (2), dan rekening atas nama pribadi (2). Penyaluran tahap 1 sudah sesuai yang ditetapkan kepmendikbud, yaitu sejumlah 216.390 sekolah dengan total siswa sebanyak 44.134.281 siswa dan dana sebesar 14,487 T

Penyaluran tahap 2 yang sudah direkomendasikan sebanyak 216.276 dengan rincian 111.140 pada Gelombang 1, dan 105.136 pada gelombang 2. Perkembangan penyaluran tahap 2 gelombang 2, saat ini sudah di Kemenkeu, proses nota dinas. Proses di Kemenkeu  sampai dengan penyaluran biasanya membutuhkan waktu 3-5 hari kerja.

Nah, sebagai gambaran untuk melihat kemajuan penyaluran dana BOS baik tahap 1 ataupun tahap 2 dan seterusnya di sekolah kita, sahabat bisa kunjungi laman ini  https://bos.kemdikbud.go.id/rekening/session.

Caranya :
Klik laman tersebut Sistem Informasi Rekening BOS , pada kolom pilih sekolah


 Kemudian klik LOGIN SSO DAPODIK, dan klik Masuk,


dan inilah tampilan dashboard 





Klik daftar Rekening, dan lihat status penyaluran dana BOS yang tertera disana,


Salur maksudnya dana telah disalurkan oleh Bank penyalur,
SK maksudnya penyaluran dana BOS tahap tersebut siap untuk disalurkan.

Klik detail,  untuk melihat informasi lebih detilnya.

Lihat juga menu Konfirmasi Rekening, jika sudah sama dengan data di Bank Penyalur artinya tinggal menunggu saja, dan bersabar mudah-mudahan dalam beberapa waktu ini akan dana bos tahap ini segera cair.


Lihat kolom berwarna hijau, tertulis keterangan bahwa Status Verifikasi Rekening oleh Bank Rekening sudah sama dengan verifikasi Bank.

Sumber Informasi data : Jawa Pos

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar

Terima Kasih