F Cara menukar pengguna responden Instrumen EDS PMP 2020 Covid 19 di HP Android - Edukasinfo.Net

Tuesday 8 December 2020

Cara menukar pengguna responden Instrumen EDS PMP 2020 Covid 19 di HP Android

Assalamualaikum sahabat edukasi, Alhamdulillah hari ini kita masih diberikan Allah nafas, sehingga kita masih bisa bernafas dengan baik. Sahabat edukasi, edukasinfo akan memberikan sebuah trik atau cara bagaimana menukar/ mengubah responden Instrumen EDS PMP Covid 19 di Android. Bila kita

lihat, pada aplikasi Instrumen EDS PMP Covid 19 di Android ini cuma bisa dikerjakan oleh satu responden. Artinya, jika ada guru lain yang berperan sebagai responden ingin meminjam hape android kita untuk mengisi instrumen ini tidak bisa langsung diubah melalui menu apapun yang ada di aplikasi. Kecuali bila aplikasi di uninstal dan instal kembali.


Ada beberapa cacatan yang membuat cara ini mungkin berguna bagi operator sekolah dan guru yang menjadi pengisi instrumen EDS ini, Jika diisi kembali oleh responden baru, riwayat pengisian yang ada sebelumnya masih tersimpan sehingga sekiranya ada isian dari responden yang sama persis tidak perlu untuk diulang kembali. Namun, perlu diingat bahwa setiap responden belum tentu isiannya sama. Selanjutnya, perlu diingat bahwa isian instrumen kepala sekolah dan guru berbeda (hanya batas E), jadi bila sebelumnya pernah mengisi instrumen kepala sekolah, dan kita akan melanjutkan isian guru, maka yang terjadi isian instrumen tidak akan mencapai 100% (Seratus Persen), bisa jadi 65% atau 75 % atau 99% saja. Namun, kendala ini bisa di atasi dengan mebuka satu persatu pertanyaan secara berurutan dari pertanyaan pertama sampai terakhir.

 

Lalu bagaimana jika sudah mengisi instrumen kepala sekolah, kemudian akan ditukar oleh guru?


Nah, jika penukarnya beda (kepsek dan guru), ini baru perlu untuk diuninstall aplikasinya. Karena, jumlah Soal EDS nya tidak sama.


Baca Juga

 


Namun, kita bisa menghapus data dan chache aplikasi Instrumen EDS PMP Covid 19 di Android, selanjutnya data akan kembali seperti semula sebelum pengisian EDS dilakukan.


Caranya, silahkan ke menu pengaturan yang ada di aplikasi dengan Ikon Gerigi, kemudian cari Manajemen Aplikasi atau kadang disingkat dengan App saja. Klik aplikasi yang akan di hapus datanya, dalam hal ini adalah Aplikasi Instrumen EDS.




Klik Palikasi Instrumen




Klik Storage 



Klik Hapus data dan hapus Cache.




Setelah itu, tutup bagian ini (pengaturan), kemudian buka kembali aplikas Instrumen EDS PMP 2020 Covid 19 di Android. Maka, pengisian akan dimulai dari awal lagi, jika Instrumen ini  setelah Identitas seperti NPSN, Jenis GTK, dan NUPTK dan email tidak bisa diklik (blur), maka setelah kita hapus riwayat (history) yakni data dan cache  di aplikasi maka isian instrumen yang sebelumnya tidak ada lagi. 


Namun, perlu diingat jangan sampai saat pengisian NPSN, NUPTK dan email salah, karena akan mebuat kita bekerja dua tiga kali.


Demikian cara menukar pengguna responden  di aplikasi Instrumen EDS PMP 2020 Covid-19 di Android, semoga bermanfaat.






NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih