F Cara mengerjakan dan mengisi data di dapodik 2021 versi c - Edukasinfo.Net

Monday 11 January 2021

Cara mengerjakan dan mengisi data di dapodik 2021 versi c

Assalamualaikum sahabat edukasi senusantara, Alhamdulillah aplikasi dapodik semester genap tahun pelajaran 2020/2021 kemarin sudah dirilis, artinya pekerjaan kita operator segera dilanjutkan kembali.

 


 

Dapodik 2021 versi C bukan pembaruan dari aplikasi sebelumnya, namun aplikasi dapodik 2021 versi c ini adalah installer, yang tidak membutuhkan perangkat aplikasi dapodik 2021, 2021.a atau 2021.b.


Caranya memasang aplikasi ini di laptop adalah sama seperti memasang aplikasi-aplikasi lainnya, namun sebelum memulai instalasi wajib untuk menghapus bersih aplikasi dapodik lama (uninstall). Baca juga Informasi rilis dapodik 2021.c dan cara menginstalnya.

 

 Nah, selanjutnya apa yang harus dilakukan setelah aplikasi dapodik terinstal dan teregistrasi?


Untuk selanjutnya adalah mengisi atau melengkapi kembali isian yang ada di Menu Sekolah secara manual. 

 



Kemudian, Klik menu Sarpras, Pada menu Tanah dan Bangunan Jika tidak ada perubahan klik menu aksi, kemudian pilih Salin Data Periodik,



Selanjutnya buka juga Menu Ruang, alat angkutan dan buku, perbarui jika ada yang bertambah.

Namun, jika ada bangunan baru, sarana dan prasarana baru, tambahkan melalui menu tambah.


Kemudian, buka menu GTK, pada menu Guru di bagian bawah di laman tersebut pilih menu Salin Penugasan. Lakukan juga pada menu Tendik




Menu Peserta Didik, sama seperti pada menu GTK, pada laman Peserta didik juga  Klik juga salin data Periodik. Sahabat, pada aplikasi terbaru ini, kita di wajibkan mengisi isian Hobby dan cita-cita siswa pada menu registrasi, jika tidak maka data menjadi INVALID.  Baca Cara mengsisi Cita-cita dan Hobby peserta didik di dapodik 2021.c.




Menu Rombel klik reguler kemudian klik menu Aksi, lanjutkan semester, 




Lihat arah panah pilih kelas kemudian klik ok dan tunggu proses, lakukan untuk setiap kelas. Lakukan hal yang sama untuk menu Ekskul. Ingat, isian untuk pembelajaran jangan sampai lupa, seperti nama guru kelas, jumlah jam mengajar. Caranya klik menu Pembelajaran yang ada di rombongan belajar, jika operator sekolah lama, pasti sudah faham mengenai ini.


Nah sahabat, untuk menu selanjutnya silahkan dilengkapi sendiri, karena pada walaupun kita sudah selesai pada pengisian rombel, dan setelah validasi semua data valid, walaupun ada yang bertanda seru, kita sudah bisa melakukan sinkronisasi. Namun, jangan lupa untu melengkapi data-data yang belum lengkap, agar data dapodik sekolah kita berkualitas.






NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

2 comments:
Write komentar

Terima Kasih