F Untuk apa sih, Isian Hobby dan cita-cita peserta didik di dapodik 2021.c? - Edukasinfo.Net

Monday 18 January 2021

Untuk apa sih, Isian Hobby dan cita-cita peserta didik di dapodik 2021.c?

Assalamualaikum sahabat edukasinfo , Mungkin kalian ada yang melihat di progress pengiriman dapodik 2021.c, dan mungkin juga kalian ada yang bertanya seperti ini, "mengapa ketika aplikasi dapodik 2021.c baru saja rilis, tapi dapodiknya sudah ada kemajuan di progress pengiriman, alias sudah sinkronisasi. Mungkin, pertanyaan seperti itu pernah terlintas dibenak kita.




Isian hobby dan cita-cita saat ini, di dunia pendataan dapodik dan dikalangan operator sekolah semakin booming dan viral. Karena, tanpa menghilangkan kata invalid hobi dan cita-cita di validasi dapodik, maka dapodik tidak akan pernah bisa sinkronisasi. Nah, coba bayangkan jika siswanya ada 500 ribuan dan bahkan ribuan, banyak sekali yang akan diisi oleh operator sekolah. Karena Operator sekolah tersebut harus membuka satu persatu data peserta didik yang bersangkutan.


Baca Juga : Tahapan pendaftaran guru PPPK 2021 dan persyaratannya 

 

Sahabat, sebenarnya isian hobi dan cita-cita peserta didik di dapodik itu sudah ada sejak lama. Oleh sebab itulah, ada operator yang ketika dapodik rilis besoknya dapodik sekolahnya sudah sinkron. Kalau kita pikir-pikir, kapan operator tersebut mengerjakannya?

 

Karena isian hobby dan cita-cita ini sudah ada sejak lama, dan operator tersebut pernah mengisinya di bagian data rinci peserta didik, maka ketika rilis dapodik 2021.c di semester genapnya, si operator sekolah tinggal melanjutkan semester, dan melakukan salin data periodik data dapodik semester sebelumnya. Jadi, wajar bila ada sekolah yang cuma semalam dalam mengisi dapodik 2021.c.


Baca Juga : Cara mengerjakan dan mengisi data di dapodik 2021.c 

 

Lalu, untuk apa sih kita mengisi data hobby dan cita-cita siswa?

 

 

Sahabat, isian hobby dan cita-cita ini sebelumnya sudah pernah ada di data rinci peserta didik, namun saat itu mungkin operator sekolah masih menganggap hal ini belum begitu penting, namun setelah dirilis di dapodik 2021.c, isian hobby dan cita-cita ini di minta dan menjadi wajib diisi, jika tidak konsekuensinya adalah kita tidak akan bisa melakukan sinkronisasi. Nah, gunanya isian hobby dan cita-cita ini adalah persiapan peserta didik dalam Assesmen Nasional.

 


Nah, sahabat itulah gambaran mengenai manfaat kita mengisi data hobby dan cita-cita peserta didik di dapodik, selanjutnya jangan lupa untuk membaca juga Cara mengisi Hobby dan cita-cita siswa di dapodik 2021.C.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih