F Begini cara merawat rambut yang sering rontok - Edukasinfo.Net

Monday 28 June 2021

Begini cara merawat rambut yang sering rontok

Assalamu'alaikum sahabat edukasnifo.net, rambut adalah perhiasan yang diberikan Allah kepada kita yang patut untuk kita syukuri, rambut juga melindungi kepala kita dari teriknya matahari. Nah, bagaimana sekiranya, rambut yang ada di kepala kita sering sekali rontok. Yuk, simak beberapa tips yang mungkin dapat membantu kalian dalam merawat rambut rontok.

 


 

Sebenarnya, rambut yang ada di kepala kita berjumlah kurang lebih 100.000 helai rambut dan setiap helai tumbuh dalam waktu 2 hingga 6 tahun. Namun, rambut akan mengalami kerontokan setiap hari, 50 hingga 100 helai, dan  rambut baru akan tumbuh. Namun yang jadi masalah seandainya  setiap hari rambut kita  itu terlalu sering rontok. Dilansir dari situs Dove.com bahwa ada dua jenis  rambut rontok, yaitu rambut rontok Genetik dan rambut rontok reaktif. 


Rambut rontok genetik adalah suatu gejala menunjukkan kondisi rambut yang menipis atau rontok terjadi akibat faktor genetik. Ditandai dengan mengecilnya folikel yang sensitif dengan hormon androgen. Kondisi seperti ini umumnya terjadi pada pria atau wanita yang memiliki kadar hormon androgen lebih banyak. Folikel yang mengecil akibat hormon akan menghasilkan rambut yang tumbuh tipis dan pendek. Sedangkan rambut rontok reaktif adalah gejala rambut  lebih banyak dipicu kondisi tertentu, kondisi ini kebanyakan disebabkan stres parah, gangguan hormon, kekurangan nutrisi, penyakit, atau diet sembarangan.


Agar rambut tidak rontoh sebaiknya hindari 3 hal berikut ini:

 

1.  Terlalu Sering Memakai Styling Tool

Banyak Wanita ingin memiliki keragaman rambut yang idah, namun terkadang harus mengubah gaya asli untuk agar tampil seperti artis atau selebritis yang mereka senangi. Rambut adalah anugrah yang telah dikarunia oleh Tuhan yang maha esa sesuai dengan kapasitas kita dan sudah pasti sangat cocok dengan kepribadian kita. 



2.  Jarang Keramas atau Terlalu Sering

Terlalu sering keramas akan menyebabkan minyak alami di kulit kepala terkikis dan berdampak pada sirkulasi nutrisi pada rambut. Sedangkan, jarang keramas atau cara mencuci rambut yang keliru juga menyebabkan tumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran menyumbat kulit kepala dan membuat rambut rentan rontok. Artinya jika ingin keramas atur waktu keramas agar tidak terlalu sering dan tidak juga jarang. 



3.  Memakai Produk Rambut untuk Styling

Pemakaian krim atau serum bisa menjadikan helaian rambut kempis dan kurang mengembang sempurna. Hal ini menyebabkan helaian di bagian pangkal rentan patah akibat lemahnya batang rambut.

 

Selanjutnya, bagaimana cara mengatasi rambut yang sering rontok?


Masih dari situs Dove.com, disebutkan bahwa ada 5 cara untuk mengatasi rambut yang rontok, yaitu sebagai berikut:

 

1.  Menggunakan Hair Oil sebelum Keramas

Sebelum keramas gunakan hair oil dari tanaman herbal yang memiliki khasiat penting untuk rambut. Beberapa hair oil yang bisa kamu coba adalah grape seed oil, sunflower seed oil, atau argan oil yang membantu menutrisi rambut sekaligus melapisi setia helai rambut agar tak mudah rapuh dan patah.



Oleskan hair oil pada rambut sebelum keramas. Diamkan selama 5-10 menit lalu keramas seperti biasa. Jika perlu pijat rambut sebentar untuk melancarkan sirkulasi di bagian kepala dan menstimulasi folikel untuk menumbuhkan rambut lebih cepat.


 

2.  Pakai Sampo Tepat untuk Atasi Rontok

Pastikan kamu melakukan keramas secara rutin karena kebersihan kepala dan rambut berpengaruh juga pada pertumbuhan rambut. Pilih sampo khusus yang memang diformulasi untuk rambut rontok. Misalnya, Dove Perawatan Rambut Rontok dengan Nutri Serum Sampo Jangan lupa sebelum keramas, sisir rambut dengan jari agar memudahkan penyerapan sampo ke helaian rambut saat keramas.



3.  Rutin Gunakan Kondision

Setelah membilas rambut hingga bersih, oleskan kondisioner dalam satu rangkaian yang sama dengan sampo. Kondisioner bermanfaat mengunci kelembapan dan nutrisi pada rambut sehingga lebih kuat, tak mudah patah, dan mencegah rambut rapuh.  


4.  Keringkan Rambut secara Alami
 

Keringkam rambut dengan mengangin-anginkannya di suhu ruangan. Hindari memakai hair dryer agar rambut tidak menjadi kering dan rapuh. Jika memang harus menggunakan pengering, usahakan lakukan setelah rambut setengah kering.


5.  Sekali-kali Pijat  dengan Lembut Area Kepala dan Rambut

Sebelum tidur sekali-kali pijat bagian kepala dengan lembut. Cara ini efektif melancarkan sirkulasi aliran darah di kepala, membuat nutrisi terdistribusi ke bagian rambut, serta merangsang folikel untuk cepat menumbuhkan rambut. Pijatan pada kulit kepala juga membantu membuatmu rileks dan tenang sehingga kerontokan akibat stres bisa berkurang.


Sumber referensi:

- https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/hair-care-tips-advice/hal-ini-bisa-sebabkan-rambut-rontok--intip-5-cara-mengatasinya.html

- https://www.infia.co

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih