F Mulutmu bau, yuk coba hilangkan dengan bahan alami ini! - Edukasinfo.Net

Monday 28 June 2021

Mulutmu bau, yuk coba hilangkan dengan bahan alami ini!

Assalamu'alaikum sahabat edukasinfo.net, tentunya sering kita merasa sudah gosok gigi bahkan mungkin ada yang menggunakan cairan pembersih mulut, namun pada akhirnya mulut tetap terasa bau, bila bicara dengan orang lain kurang percaya diri. Nah sahabat, berikut penulis akan membagikan beberapa tips cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami.


Sebagaimana dilansir pada situs close-up, ada beberapa tips agar  mulut tidak berbau tidak sedap, antara lain:


1. Bersiwak

Dulu, siwak kurang dikenal di kalangan masyarakat kita, biasanya orang yang mengenal siwak adalah mereka yang baru pulang dari haji dan umroh, atau mereka yang pernah mengikuti kajian islam. Namun dewasa ini siwak semakin dikenali dikalangan umum, bahkan setiap merk pasta gigi yang umumnya dikenal oleh masyarakat saat ini mulai menambahkan embel-embel merk di belakangnya dengan siwak.



Siwak adalah sebutan untuk akar kayu yang digunakan oleh orang-orang Arab zaman dulu untuk membersihkan gigi, bahkan penggunaan siwak merupakan salah satu anjuran Nabi Muhammad Shallahu 'Alaihi wassalam. Siwak berasal dari akar, ranting, dan batang tanaman Salvadora persica. Selama ribuan tahun, banyak orang di belahan dunia mengunyahnya sebagai metode tradisional dalam membersihkan gigi. Sejumlah penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa tanaman siwak memiliki sifat antibakteri, anti-jamur, anti-virus, dan anti-plak. 

 

2. Daun sirih

Yang kedua bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut adalah Daun Sirih. Pada zaman dahulu di negara kita, Indonesia orang-orang menggunakan daun sirih untuk dikunyah.  Mungkin, bagi mkita yang tidak tahu  akan merasa ngeri atau jorok melihat warna merah dimulut yang dihasilkan dari kunyahan daun sirih, Tapi tahukah kalian bahwa   Daun sirih memiliki senyawa anti bakteri yang dapat mencegah halitosis yang bisa menghilangkan bau mulut tak sedap.

 

3.  Rosemary

Yang ketiga bahan yang mampu menghilangkan bau mulut adalah rosemary. Rosemary ini adalah ramuan evergreen harum yang berasal dari Mediterania. tanaman  ini digunakan oleh orang-orang sebagai bumbu kuliner, untuk membuat parfum tubuh, dan untuk potensi manfaat kesehatannya. Tanaman rosemary ini dalam istilah ilmu biologi adalah anggota dari keluarga mint Lamiaceae, bersama dengan banyak herbal lainnya, seperti oregano, thyme, basil, dan lavender. Rosemary memiliki zat anti-inflamasi dan anti-mikroba untuk melawan mikroorganisme yang oportunistik. 

 

4. Peterseli

Mengunyah daun peterseli sehabis makan dengan harapan agar klorofil terlepas untuk menetralkan bau.  Peterseli atau  parsley adalah tanaman yang sering digunakan sebagai bahan makanan. Selain bisa meningkatkan cita rasa, ternyata tanaman ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. paterseli juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Tanaman ini juga merupakan sumber magnesium, kalium, zat besi, dan kalsium.

 

5. Adas

Yang kelima yang bisa menghiangkan bau mulutmu adalah Adas. Adas ini bisa kalian bikin teh atau hanya dengan mengunyahnya untuk meningkatkan produksi air liur dan mendapatkan manfaat dari senyawa anti-bakterinya. Seperti halnya dengan daun sirih yang dikunyah, dan daun sirih juga digunakan untuk minum teh.


6. Thyme

Nah, sahabat yang selanjutnya yang menjadi bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut adalah Thyme. Berkat aromanya, daun  kecil ini banyak digunakan sebagai bumbu di banyak masakan dunia. Thyme oil, dengan bahan utamanya thymol, dikatakan kuat untuk melawan berbagai jenis bakteri termasuk Staphylococcus, Enterococcus, dan Escherichia, yang merupakan organisme pathogen penyebab bau mulut, penyakit gusi, dan kerusakan gigi. 

 

Nah, dari beberapa bahan di atas mungkin kalian harus mencobanya, terutama yang nomor 1 di atas, sudah bau mulut harum, insya Allah kalian juga mendapatkan pahala sunnah Rasulullah Shallahu 'alaihi wassalam.  


Apakah bahan-bahan tersebut bisa menjaga bau mulut bertahan lama. Jawabannya tentu tidak! Bisa jadi jenis makanan yang kita konsumsi bisa berpengaruh dengan bau mulut kita, seperti ketika ada orang yang memakan petai, jengkol, Durian atau merokok. Bau-bau tersebut pasti akan tercium bagi orang disekitarnya. Untuk itu penting bagi kita untuk sellu menjaga mulut agar tetap segar, seperti menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi seperti Close-Up, atau pasta gigi lain yang bisa menyegarkan bau mulut kita.

 

 

Sumber referensi : 

- https://www.close-up.com/id/artikel/cara-menghilangkan-bau-mulut-dengan-bahan-alami.html

- hellosehat.com 

-vira.id

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih