F Cara melihat NISN mandiri, orang tua dan siswa bisa mengecek sendiri! - Edukasinfo.Net

Wednesday 16 June 2021

Cara melihat NISN mandiri, orang tua dan siswa bisa mengecek sendiri!

Assalamu'alaikum sahabat edukasinfo.net, Nomor Induk Siswa Nasional atau yang sering kita dengar dengan singkatan NISN adalah nomor Unik siswa secara perorangan yang tidak sama antara siswa yang satu dengan siswa yang lain.

 


 

Baca Juga : Yuk, kita cegah penyebaran Berita HOAX disekitar kita! 

 

NISN ini dimiliki siswa setelah mendaftar menjadi siswa di Pendidikan Usia Dini (PAUD)/RA, sampai ke jenjang Sekolah Menengah Atas atau yang setara dengannya (MA, SMK dan lainnya). Sebagaimana dilansir dari situs NISN sendiri bahwa Pengertian NISN adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN.


Baca Juga : Cara Verval Data Individu Peserta Didik, bisa dilakukan oleh orangtua atau wali dan peserta didik sendiri, lho! 

 

Namun, sampai saat ini ada juga kasus dimana ada seorang siswa yang belum memiliki NISN, hal ini kemungkinan data di Dapodik atau EMIS belum lengkap atau tidak sesuai dengan data dukcapil, atau kendala lain yang bisa saja terjadi. 

 

 Baca Juga : Pendataan Peserta Asesmen Nasional di satuan pendidikan Kemdikbud dan Kemenag tahun 2021

 

Ada juga kasus NISN yang dimiliki siswa dimiliki oleh lebih dari satu orang atau NISN ganda. Jika kasus NISN ganda seperti ini, seharusnya salah satu sekolah mengeluarkan data siswa bersangkutan tersebut dari dapodik jika sudah tidak aktif di sekolah asal.


Nah, sahabat, sebagaimana yang judul yang admin buat di atas, cara melihat NISN mandiri, orang tua dan siswa bisa mengecek sendiri! Berikut admin akan paparkan caranya.


Apabila siswa atau orang tua siswa atau wali siswa ingin mengetahui keaktifan anaknya di sekolah saat ini dan melihat NISN kunjungi situs NISN pada link berikut ini https://nisn.data.kemdikbud.go.id/


Selanjutnya, akan ada kolom dimana dikolom tersebut diminta untuk memasukkan NISN dan nama Ibu Kandung siswa, kemudian chaptcha "saya bukan robot". Nah,  tampilan yang ini jika kita sudah tahu nomor NISN siswa bersangkutan. Bagaimana jika kita sebagai orang tua atau wali belum tahu dan berniat ingin tahu?

 

Baca Juga : Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 untuk PAUDDIKDASMEN Tahun 2021

Pada tampilan yang ada di situs NISN, cari tulisan "Pencarian Nama" di bagian atasnya, kemudian klik 

 

 

 

isikan data-data yang diminta yaitu Nama Siswa, Tempat dan tanggal lahir, dan nama Ibu Kandung dan menandai chaptcha "saya bukan robot".  Perhatikan gambar ini!



Baca Juga : Yuk, sahabat edukasinfo.net mengisi Monitoring dan Evaluasi Bantuan Paket Kuota Internet Kemendikbud Tahun 2021 (Monev Daring) 

 

Jika datanya benar, selanjutnya akan muncul informasi mengenai NISN anak kita. Jika kesulitan mengakses Link di atas coba kunjungi Link yang ini https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama atau klik disini.

 


 

Demikian cara  melihat NISN mandiri, orang tua dan siswa bisa mengecek sendiri, semoga bermanfaat.


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih