F Apa yang baru di Dapodik 2024.c? - Edukasinfo.Net

Monday 15 January 2024

Apa yang baru di Dapodik 2024.c?

Bismillah, apa kabar semuanya? semoga kalian sehat dan selalu bertambah rezkinya. Alhamdulillah, setelah banjir besar yang melanda Kabupaten Muratara provinsi Sumatera Selatan selama 4 hari, yakni dari tanggal 11 Januari 2024 sampai 14 Januari 2024, saya baru bisa menulis lagi.



Aplikasi Dapodik saat ini telah mengeluarkan rilis terbaru, yakni dapodik 2024.c, bagi sahabat yang pernah menginstal dapodik 2024 versi b (2024.b) langsung saja dengan mendownload patch dapodik 2024.c dan menginstalnya. 


Setelah melakukan penginstalan, hal yang bisa sahabat lakukan adalah memperbarui data, dengan mengklik menu SALIN DATA PERIODIK, terutama pada menu Sarpras, Menu GTK dan menu Peserta Didik. 


Untuk menu Sarpras silahkan klik menu aksi dan pilih Salin data periodik, untuk menu GTK dan Peserta didik, silahkan klik menu Salin penugasan.

sedangkan untuk menu rombel, klik lanjutkan Semester. selanjutnya jika ada penambahan atau perubahan atau juga pengurangan data, silahkan isi secara manual.


Sedangkan hal-hal yang diperbarui di dapodik 2024.c, berdasarkan data yang bersumber dari situs dapodikpauddikdasmen adalah sebagai berikut:

  1. Sesuai dengan Permendikbudristek nomor 46 tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan, sebagaimana dimaksud agar Satuan pendidikan segera membentuk dan melaporkan Satuan Tugas PPKSP dan TPPK tersebut ke dalam sistem Dapodik dan Portal PPKSP.
  2. Selanjutnya pembentukan Satuan Tugas di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota paling lambat 6 bulan, pembentukan TPPK untuk jenjang PAUD dan Pendidikan Nonformal 1 tahun dan jenjang SD, SMP, SMA dan SMK serta SLB sesuai jenjang paling lambat 6 bulan sejak Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 diundangkan pada tanggal 4 Agustus 2023.
  3. Selain daripada itu terdapat beberapa laporan terkait adanya bugs pada Aplikasi Dapodik versi 2024.b yang dapat mengganggu kelancaran Satuan Pendidikan dalam melakukan pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2023/2024.

Demikian informasi mengenai dapodik 2024.c.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih