Wednesday, 13 November 2019

Akhirnya aplikasi PMP 2019 telah dirilis, setelah gagal update versi online

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, sudah beberapa pekan yang lalu, sejak diluncurkannya rilis Aplikasi PMP versi Online oleh direktorat jenderal kementerian pendidikan dan kebudayaan, belum ada salah seorang operator sekolahpun yang berhasil mengisi Quesioner Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di aplikasi website tersebut. Akibat dari sulitnya mengakses situs ini, banyak operator sekolah yang mengeluhkan hal ini, baik pada aplikasi untuk di PC / Laptop maupun aplikasi android yang bisa diunduh pada play store. Bagaimana mau menyampaikan kepada guru-guru dan siswa, jika aplikasi website ini sulit untuk diakses.

Alhamdulillah, kemarin tanggal 11 November 2019 rilis aplikasi EDS PMP Offline sudah diluncurkan, beritanya dapat kita lihat di situs PMP Dikdasmen. Namun, disebutkan dalam pengumuman tersebut, bahwa dirilisnya aplikasi PMP offline ini demi percepatan data PMP tahun 2019 ini dengan batas waktu yang ditentukan sedikit sekali, yakni dari tanggal Batas Waktu pengiriman data Pemetaan Mutu Pendidikan yaitu tanggal 1 Desember 2019. Semoga waktu ini bukan waktu yang final, karena pengisian EDS ini tidak semua dikerjakan oleh guru atau siswa yang mengerjakannya, tapi masih ada mereka yang membebankan kepada Operator Sekolah. Saya katakan bahwa Operator sekolah bukan robot. Inilah terkadang ada Operator yang mengambil jalan pintas, seperti mengisi EDS sendiri bukan oleh guru, atau mencari aplikasi pihak ketiga yang ilegal. Memang, pada pengiriman EDS PMP tahun-tahun sebelumnya biasanya ada tambahan renggat waktu yang diberikan oleh tim PMP agar bisa mengirim lagi. Namun, hal seperti ini seperti menjadi momok yang menakutkan bagi kami, apalagi setiap ada telepon dari pengawas pembina yang menelepon kepala sekolah agar aplikasi PMP sekolahan kami segera di kerjakan dalam waktu yang secepatnya.


Sahabat, dihari pertama rilis banyak juga sahabat operator sekolah yang mengeluh karena sulitnya mengunduh prefill PMP. Inilah hasilnya saat akan mendownload prefill

Baca Juga Cara mudah download Prefill pmp 2019 menggunakan Generate Prefill Nasional
An error occurred.
Sorry, the page you are looking for is currently unavailable.
Please try again later. If you are the system administrator of this resource then you should check the error log for details. Faithfully yours, nginx.

Kami para pekerja data berharap kepada pihak yang memiliki kewenangan agar tidak segera meluncurkan aplikasi sebelum deal 100%. Jadi, sekiranya lahir aplikasi kami tidak terbeban oleh waktu yang sesingkat-singkatnya. Jika memang harus dikerjakan guru, kami harap ada surat perintah yang menguatkan bahwa pengerjaan EDS tersebut harus benar-benar dikerjakan oleh guru yang bersangkutan bukan dibebankan kepada Operator sekolah yang notabene-nya sudah punya segudang PR aplikasi yang akan dikerjakan. Begitupula ke siswa, bahwa benar-benar siswa yang mengerjakan dengan di awasi oleh guru ataupun orang tua. Sedangkan, teknis dan pengelolaannya operatorlah yang berperan sebagai instruktur aplikasi. 

Sama, seperti tahun-tahun sebelumnya, ketika rilis aplikasi pmp terbaru, mintanya segera dan segera. Lihatlah wahai sahabat, Operator sekolah apakah mereka tidak bakalan sakit, atau lelah. Apakah mereka di beri vitamin dan suplement biar sehat dan kuat terus mengerjakan aplikasi ini. Memang, pada tahun-tahun sebelumnya ada uang lelah yang diberikan dari LPMP, dibandingkan dengan harga obat dan kesehatan Operator sekolah  itu tak akan cukup. Saya pernah di tahun awal dirilisnya Aplikasi PMP yang pertama kali, tak ada uang lelah sedikitpun, padahal pengawas pembina sudah memberikan sinyal agar operator yang mnegerjakan pmp ini diperhatikan. Tapi, itulah kenyataannya, mungkin karena kepala sekolah merasa tidak ada beban, atau merasa bahwa itu adalah tugas operator sekolah, mereka menganggap hal ini biasa-biasa saja. Padahal EDS ini menyangkut sisi spesifik sekolah yang dipimpin mereka. Kemudian Alhamdulillah pada tahun kedua, pihak LPMP memberikan angin segar yakni pekerjaan kami diganti dengan upah lelah. Masih, juga oleh kepala sekolah karena merasa bukan beban mereka, dan menganggap itu adalah pekerjaan mutlak Operator sekolah.

Demikianlah tulisan ini saya tulis tanpa merendahkan seluruh pihak, sebagai harapan kami operator sekolah selanjutnya, yaitu:
  1. Agar waktu pengisian EDS PMP ini tidak terlalu  mepet dan terburu-buru agar hasil kualitas data yang di dapat lebih baik.
  2. Agar lebih memperhatikan siapa yang mengerjakan EDS ini, jika memang harus Guru yang bersangkutan atau siswa yang bersangkutan, semestinya lebih ditekankan agar sesuai dengan kenyataannya, bukan oleh operator sekolah.
  3. Jika memang harus menggunakan jasa operator sekolah, berikanlah hak yang setimpal dengan pekerjaan. Karena, EDS ini tidak sedikit, jadi sudah pasti menyita waktu yang banyak buat kami operator sekolah.
  4. Menekankan kepada pengawas dan kepala sekolah agar aplikasi ini dikerjakan benar-benar oleh yang berhak meNgisinya, sehingga tugas operator sekolah hanya mengawasi dan melihat apakah data yang diisi kurang atau lebih agar tidak terjadi kesalahan kirim data EDS.
Silahkan unduh aplikasi disini:
PMP OFFLINE 2019

Oleh : OPS 

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar