Saturday, 30 November 2019

Rapor SD kurikulum 2013 semester 1 tahun ajaran 2019/2020

Sebelumnya admin ucapkan terima kasih kepada Kang Martho (Umar Tholib) yang sudah bersedia berbagi ilmu  program aplikasi raport Kurikulum 2013 ini. Bersumber dari situs yang beliau kelola, admin akan membagikan aplikasi rapor Sekolah Dasar dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 semester ganjil edisi revisi tahun 2018.

Mengapa harus rapor buatan beliau?
Baca Juga Soal Penilaian Akhir Semester ganjil K13 Kelas 6 
Admin saat ini yang juga pengajar di kelas 2 SD, sebelumnya sudah menggunakan aplikasi karya kang Martho, karena mudah dalam mengisi nilai dan tidak ribet. Aplikasi rapor ini tampilannya mirip seperti tampilan dashboard aplikasi dapodik, namun menggunakan program microsoft excel.

Pada tiap mata pelajaran sudah ada beberapa Kompetensi Dasar yang telah diisi oleh beliau, namun sebagai manusia kemungkinan kurang dan khilaf pasti masih ada. Jadi, sebagai guru kita juga mesti menalaah dan meneliti kembali apakah aplikasi rapor ini sudah pas atau belum. Artinya, jangan hanya menelan dan menerima saja, perlu juga bagi kita untuk memeriksa.

Kecuali mata pelajaran Muatan Lokal, muatan lokal bisa kita sesuai kan dengan muatan lokal yang ada di sekolah kita. Yakni kita memepersiapkan Kompeeni Dasar (KD) mata pelajaran muatan lokal dan kemudian mengetiknya pada kolom mata pelajatan muatan lokal yang sudah tersedia pada aplikasi.

Sahabat edukasinfo, inilah aplikasi rapor kurikulum 2013 semester ganjil untuk kelas 1 sampai dengan kelas 6 Sekolah Dasar. Yuk diunduh, semoga bermanfaat.

Ada baiknya sebelum mengunduh aplikasi ini, kita bahas cara mengisinya.

Silahkan akses aplikasi yang berbasis ecxel tersebut, dan isi data-data sekolah dan data siswa.

Inilah bagian-bagian menu yang ada di aplikasi rapor:
1. Siswa
Isilah data siswa terlebih dahulu, jika kalian juga bekerja sebagai operator sekolah, kalian mungkin bisa memasukkan data dari aplikasi dapodik, namun jika kalian adalah guru saja, silahkan minta data siswa kelas yang bersangkutan. Karena data yang ada di dapodik itu biasanya sudah lengkap. Gunakan tombol menu HOME untuk kembali ke tampilan awal.

2. KKM

Isilah KKM minimal sekolah, bukan KKM pelajaran. KKM sekolah ialah KKM yang paling rendah di antara KKM yang ada pada mata pelajaran di kelas. Isi juga nama mata pelajaran Muatan Lokal sekolah kalian.


3. Kurikulum

Pada mata pelajaran Umum, seperti Pendidikan Agama (Islam, kristen katolik, protestan, Hindu, Budha) kompetensi dasar-nya (KD) sudah terisi. Namun pada pelajaran seperti Muatan Lokal isikan dengan KD yang sesuai dengan muatan lokal di sekolah. Silahkan klik tombol menu mata pelajaran yang ada seperti gambar berikut ini,


4. Nilai Sikap.

Pada menu ini, isilah kolom dengan menggunakan angka (seperti 1,2,3)  baik di SB ataupun PB. SB adalah kependekan dari Sudah Baik PB kependekan dari Perlu Bimbingan, nanti pada nilai deskripsi akan muncul secara otomatis. Nilai sikap ini terdiri dari kompetensi spritual dan kompetensi sosial.

Berikut adalah isian untuk nilai spiritual,


Jika ingin mengubah menjadi nilai sosial, klik Menu Kompetensi Sosial seperti gambar berikut,


Kemudian akan tampil kolom berikut ini,


5. Nilai Pengetahuan dan Keterampilan

Isilah nilai-nilai siswa sesuai dengan kompetensi dasar penilaian baik saat ulangan harian, ulangan tengah semester maupun penilaian akhir semester. Klik sesuai mata pelajaran yang akan diisi.

6. Hasil Rekap Nilai
7. Absen diisi dengan absensi siswa selama 1 semester.
8. Leger
9. Buku Induk
10. Tutorial dan
11. Cetak Rapor, gunakan kertas A4, atau jika kertas rapor sudah disediakan oleh Dinas Pendidikan aturlah kertas sesuai ukuran.

Silahkan Unduh Rapornya disini



  Sumber : Kang Martho

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar