Thursday, 28 November 2019

Ternyata ini yang membuat Situs vervalpd tidak bisa diakses

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, beberapa hari ini bagi kalian yang bertugas sebagai admin sekolah pasti merasa kesulitan untuk mengakses situs vervalpd. Hal ini sungguh sangat membuat kalian kecewa. Situs yang merupakan satu-satunya tempat memperbaiki kevalidan data siswa tidak bisa dikelola sama sekali.  Jika tetap akan melanjutkan akses biasanya akan muncul pesan seperti ini,

Kami segera kembali !
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, kami sedang melakukan pemeliharaan rutin. Kami segera kembali secepatnya!
— PDSPK
Tahukah Sahabat, situs yang biasa kita kunjungi pada link http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id, ternyata saat ini sudah berpindah alamat link. Link terbaru tersebut adalah http://pd.data.kemdikbud.go.id/verval/. Dengan berubahnya Link akses vervalpd ini, artinya akan ada perubahan-perubahan prosedur pengeditan dan pengelolaan data siswa.

Saat ini pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud merilis aplikasi vervalpd yang terintegrasi. Aplikasi ini mengintegrasikan peserta didik pada jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah (SLTP,SLTA,SMK dan sederajat), Pendvidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Masyarakat, dan Peseta Didik dari satuan pendidikan di bawah Kementerian Agama (MI, MTs, MA dan pondok Pesantren). Adapun tujuan dari perubahan ini adalah untuk meningkatkan Validasi Peserta Didik dalam rangka meningkatkan Tata Kelola/ manajemen pendidikan yang lebih luas. Penulis juga telah menulis cara memperbaiki data siswa yang salah di aplikasi vervalpd versi baru ini, kalian bisa membacanya di situs yang penulis kelola yaitu edukasinfo.net dengan judul Cara mengedit Data Siswa di VervalPD versi terbaru. 

Saat ini kalian dapat mengolah dan memperbaiki data siswa seperti nama siswa, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir dan nama ibu dengan mengklik edit identitas yang pada menu vervalpd terbaru. Sedangkan, nama ayah masih bisa diubah di aplikasi dapodik. Kemudian, selain dari mengedit data siswa kita juga dapat mengubah Nomor Induk Statistik Nasional (NISN) dengan cara mengklaim NISN. NISN yang bisa dilakukan klaim adalah NISN yang tidak terpakai oleh siswa aktif.

Lalu, bagaimana jika tidak bisa login vervalpd? email dan password yang gunakan tidak cocok dan salah. Padahal email dan password  yang digunakan adalah email dan password yang digunakan untuk akses aplikasi dapodik.

Sahabat, jika kalian tidak bisa login vervalpd saat ini, artinya kalian harus mendaftarkan akun kalian di situs vervalsdm-PDSPK.  Lakukan registrasi anggota kemudian pilih jenis pendaftaran seperti Operator Sekolah. Ada beberapa pilihan yang ada di menu registrasi anggota misalnya Kantor Dinas/LPMP, Admin UNBK, Kantor Agama, UPTD dan Operator Sekolah.Sebelum mendaftar disitus Vervalsdm persiapkan dahulu sk penugasan Operator Sekolah yang di scan dalam format pdf. Yang harus dilakukan saat mendaftar adalah mengisi nama lengkap, email pribadi dan membuat password, nomor handphone, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, provinsi, kabupaten, kecamatan dan nama sekolah kemudian meng-upload sk penugasan, kemudian klik menu registrasi. Baca disini Cara mendaftar akun di vervalsdm


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar