F 6 Kebiasaan Rutin Orang-Orang Sukses di Pagi hari - Edukasinfo.Net

Sunday 31 May 2020

6 Kebiasaan Rutin Orang-Orang Sukses di Pagi hari

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, kali ini kami akan membagikan informasi mengenai 6 (enam) kiat rutinitas orang-orang yang sukses dipagi hari. Sahabat, tulisan ini berasal dari  website Linkedin The Learning Blog yang ditulis oleh dengan judul asli 6 Morning Routine Habits Successful People Swear By. 


Setidaknya kita mengetahui apa yang dilakukan oleh orang-orang yang telah sukses dirutinitas mereka setiap hari, agar kita juga bisa memetik pelajaran dari mereka. Menurut Rachel bahwa Pagi selalu menjadi waktu yang sakral, lintas tradisi dan sepanjang sejarah. Jika kita bangun setiap pagi dan segera memeriksa telepon kita, dan tidak dapat memahami mengapa kita tidak mencapai kebahagiaan dan kesuksesan yang kita cari, maka pos ini adalah untuk kita. Dia mengajak pembicara utama Hal Elrod memperkenalkan kepada kita pada kekuatan rutinitas pagi.

"Pada 2008, ketika ekonomi AS jatuh, saya jatuh dengan itu," kata Elrod. Setelah enam bulan kesehatan, keuangan, dan kariernya menurun, ia perlu melakukan perubahan. Dia meneliti praktik pengembangan pribadi berkinerja tinggi dan menghasilkan enam kebiasaan yang dicoba dan benar yang disumpah oleh orang-orang paling sukses. Dan itu mengubah hidupnya. Dalam waktu kurang dari dua bulan, rutinitas pagi yang baru menyebabkan peningkatan dramatis dalam kesehatan keuangan, emosional, dan fisiknya. Dia menggandakan penghasilannya, keluar dari depresinya, dan mulai berlatih untuk ultramarathon. 

Berkomitmenlah pada apa yang oleh Elrod disebut sebagai rutinitas "pagi mukjizat" selama dua bulan. Lihat bagaimana kelanjutannya. Saya jamin panggilan bangun yang sedikit lebih awal ini akan membantu kita mulai melihat perubahan kehidupan yang kita rindukan. Untuk menciptakan kesuksesan yang kita inginkan, sebaiknya simak 6 (enam) kebiasaan pagi untuk menciptakan kesuksesan.
  1. Mulailah hari Anda dengan diam. 
  2. Ciptakan afirmasi Anda sebagai komitmen 
  3. Visualisasikan kesuksesan 
  4. Tambahkan olahraga ke rutinitas pagi Anda 
  5. Baca beberapa halaman setiap hari 
  6. Tulis untuk memperjelas prioritas Anda
Sahabat edukasinfo, yuk kita simakapa yang dikatakan oleh Elrod.

  1. Mulailah hari Anda dengan diam.
Baiklah, yang pertama menurut Elrod kebiasaan orang yang ingin menciptakan kesuksesan adalah berdiam diri di pagi hari. Apakah Anda mengikuti latihan meditasi atau hanya duduk diam selama 10 menit, selesaikan waktu untuk keheningan yang damai dan terarah setiap pagi. Saya pribadi duduk tidak kurang dari 20 menit per hari dan saya tidak bisa membayangkan hari ketika saya tidak melakukan ini. Itu memiliki dampak positif pada hidup saya. Apakah Anda mengikuti latihan meditasi atau hanya duduk diam selama 10 menit, selesaikan waktu untuk keheningan yang damai dan terarah setiap pagi. Saya pribadi duduk tidak kurang dari 20 menit per hari dan saya tidak bisa membayangkan hari ketika saya tidak melakukan ini. Itu memiliki dampak positif pada hidup saya. 

Sahabat, di dalam ajaran islam ada yang namanya zikir pagi, seorang muslim dapat memanfaatkan waktu di pagi hari untuk berzikir, melakukan sholat syuruq dan sholat dhuha. Sebagai umat Rasulullah Shollallahu Alaihi wassalam sudah semestinya kita lebih mengikuti cara Beliau (Rasulullah). Tidak menghilangkan waktu di pagi hari dengan menghabiskannya dengan tidur-tiduran sebagaimana yang disebutkan di dalam sabda Nabi Shollallahu Alaihi wassalam.  

Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”(HR. Abu Daud no. 2606) 

Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal di dalam tulisannya di website Rumaysho.com menyebutkan kebiasaan-kebiasaan Nabi Muhammad Shollallahu Alai Wassalam dan para ulama terdahulu di pagi hari.

An Nawawi dalam Shohih Muslim membawakan bab dengan judul ‘Keutamaan tidak beranjak dari tempat shalat setelah shalat shubuh dan keutamaan masjid’. Dalam bab tersebut terdapat suatu riwayat dari seorang tabi’in –Simak bin Harb-. Beliau rahimahullah mengatakan bahwa dia bertanya kepada Jabir bin Samuroh,
 
 


“Apakah engkau sering menemani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk?”

Jabir menjawab,

“Iya. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya tidak beranjak dari tempat duduknya setelah shalat shubuh hingga terbit matahari. Apabila matahari terbit, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri (meninggalkan tempat shalat). Dulu para sahabat biasa berbincang-bincang (guyon) mengenai perkara jahiliyah, lalu mereka tertawa. Sedangkan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya tersenyum saja.” (HR. Muslim no. 670)
 
 
 
 
Imam An Nawawi mengatakan bahwa, “Dalam hadits ini terdapat anjuran berdzikir setelah shubuh dan mengontinukan duduk di tempat shalat jika tidak memiliki udzur (halangan).

Al Qadhi mengatakan bahwa inilah sunnah yang biasa dilakukan oleh salaf dan para ulama. Mereka biasa memanfaatkan waktu tersebut untuk berdzikir dan berdo’a hingga terbit matahari.” (Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 8/29, Maktabah Syamilah)


 
2. Ciptakan afirmasi Anda sebagai komitmen

Sebagaimana yang edukasinfo simak di situs The Learning Blog Linkedin, bahwa Elrod mendefinisikan afirmasi sebagai pernyataan yang mengarahkan fokus Anda pada sesuatu yang bernilai. Dan dia menawarkan twist pada saran tradisional. Untuk membuat afirmasi yang membuahkan hasil, Elrod menyarankan untuk tidak menegaskan siapa Anda atau apa yang Anda inginkan. Alih-alih, tegaskan apa yang Anda janjikan.

Jawab empat pertanyaan ini untuk menyusun afirmasi yang berorientasi pada hasil:

    Kamu berkomitmen dengan apa?
    Mengapa itu sangat berarti bagi Anda?
    Kegiatan apa yang akan Anda lakukan untuk memastikan kesuksesan Anda?
    Kapan, secara spesifik, akankah Anda berkomitmen untuk melakukan kegiatan itu?

Ini juga bisa menjadi niat untuk hari itu. Apa yang ingin Anda fokuskan? Bagaimana perasaan Anda? Tetapkan niat di pagi hari dan periksa bagaimana perilaku dan pikiran Anda selaras dengan niat atau penegasan itu sepanjang hari.
 
 

 
3. Visualisasikan kesuksesan

Muhammad Abduh Tuasikal

Akhi, ukhti, yuk baca tulisan lengkapnya di Rumaysho:
https://rumaysho.com/36-semangat-di-waktu-pagi-yang-penuh-berkah.html
Yang ketiga sebagaimana ditegaskan oleh Elrod, Sama seperti seorang atlet yang memvisualisasikan kinerja mereka sebelum mereka bahkan menginjakkan kaki di lapangan bermain, Dia merekomendasikan menggunakan visualisasi untuk mempersiapkan diri Anda secara mental dan emosional untuk apa pun yang ada di hari itu.

Katakanlah bahwa anda harus menyelesaikan konflik tim di kantor hari ini. Pertama, visualisasikan petunjuknya. Bayangkan diri Anda berjalan ke ruangan sebagai mediator yang percaya diri. Bayangkan anggota tim termotivasi dan reseptif untuk menemukan resolusi.

Kemudian visualisasikan hasil akhirnya: hasil positif di mana setiap orang berkomitmen untuk bekerja secara kolaboratif sebagai sebuah tim. Semakin spesifik Anda dapat memvisualisasikan semua detail berbagai situasi, semakin efektif alat ini. Ini akan membantu Anda mengurangi kekhawatiran, bukan lebih, tentang tugas yang akan datang.

4. Tambahkan olahraga ke rutinitas pagi Anda

Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Akhi, ukhti, yuk baca tulisan lengkapnya di Rumaysho:
https://rumaysho.com/36-semangat-di-waktu-pagi-yang-penuh-berkah.html
Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Akhi, ukhti, yuk baca tulisan lengkapnya di Rumaysho:
https://rumaysho.com/36-semangat-di-waktu-pagi-yang-penuh-berkah.html
Yang keempat, Elrod menyebutkan bahwa yang keempat adalah menambahkan olahraga ke rutinitas pagi. Bahkan jika Anda hanya berolahraga untuk waktu yang sangat singkat, itu akan memberi Anda dorongan energi untuk membantu Anda bangun lebih cepat, Elrod menjelaskan. Ini bisa menjadi latihan tujuh menit di YouTube. Yoga membentang. 60 detik jumping jacks. Apa pun untuk membantu Anda bangun.

Saya pribadi memiliki latihan yoga 20-30 menit di pagi hari. Ini membantu saya mengeluarkan energi yang mengantuk dari tubuh saya dan bersiap untuk mengambil pada hari itu!

Jika Anda sudah pergi ke gym setelah bekerja — itu hebat! Jangan mengubahnya. Tetapi tambahkan beberapa menit cardio atau peregangan pagi hari, dan Anda akan melihat bagaimana hal itu berdampak positif sepanjang hari Anda.
 

5. Baca beberapa halaman setiap hari

Apakah Anda berusaha untuk menjadi manajer yang lebih baik, menjadi lebih bugar, atau memiliki hubungan yang lebih bahagia, Elrod mengatakan bahwa Anda jauh dari mempelajari apa yang Anda butuhkan untuk meningkatkan area kehidupan Anda itu.

Dengan semua buku di luar sana, mudah untuk menemukan buku yang berbicara di mana kepala Anda berada. Jika Anda membaca bahkan lima halaman sehari, itu 150 halaman — atau satu buku pengembangan diri — sebulan, yaitu 12 buku setahun.

"Anda memisahkan diri dari 95% masyarakat kami, dan Anda bergabung dengan 5% teratas yang membaca buku-buku itu," kata Elrod. Dan itu bisa membuat Anda menjadi orang yang berbeda.


6. Tulis untuk memperjelas prioritas Anda

Setiap pagi, Elrod membutuhkan waktu untuk membuat jurnal tentang dua pertanyaan.

Pertama, apa tiga hal yang paling Anda syukuri? Ketika Anda memulai hari Anda dengan rasa terima kasih, ada baiknya Anda melihat dunia melalui lensa positif.


Hanya membutuhkan beberapa menit, dan apakah Anda menuliskannya atau hanya mengidentifikasi mereka dalam pikiran Anda, itu adalah pengubah permainan.


Tidak yakin apa yang harus disyukuri saat ini? Mulailah dengan jantung yang memompa, udara di paru-paru Anda, air yang mengalir — hal-hal mendasar dan sangat nyata yang dapat kita syukuri.


Kedua, apa tiga hal terpenting yang perlu Anda lakukan hari ini? Dari semua yang harus Anda lakukan, apa yang akan menggerakkan Anda menuju tujuan terbesar Anda, impian terbesar Anda, kehidupan yang ingin Anda jalani, dan dampak yang ingin Anda capai?


Elrod mengatakan praktik ini telah memungkinkannya "untuk membuat kemajuan besar pada tujuan-tujuan ini yang dulunya hanya fantasi yang saya tidak pernah benar-benar percaya bisa capai."


Anda mungkin melihat daftar ini dan berpikir: seberapa awal Anda bangun ?! Bahkan jika Anda tidak melakukan keenam hal ini selama durasi atau jumlah yang dijelaskan, berikan beberapa kesempatan untuk setidaknya dua bulan. Perhatikan perbedaannya! 
 

Itulah beberapa kebiasaan rutinitas orang-orang sukses di pagi hari, semoga bermanfaat.

Sumber : Linkedin, The Learning Blog
                 Situs Rumaysho.com
Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Akhi, ukhti, yuk baca tulisan lengkapnya di Rumaysho:
https://rumaysho.com/36-semangat-di-waktu-pagi-yang-penuh-berkah.html

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih