Saturday, 18 July 2020

Begini cara instalasi dapodik 2021

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, Aplikasi Dapodik 2021 baru saja dirilis, pagi ini saja admin sulit sekali untuk registrasi dan unduh prefill, hal ini kemungkinan traffict pengguna dan pengunduh dapodik 2021 dan prefill sedang meningkat sehingga loading menjadi lambat. Aplikasi Dapodik versi 2021 telah menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater). Untuk itu seperti di tahun-tahun yang lalu, bila di awal tahun pelajaran, dapodik akan memperbarui versi aplikasinya, dan bukan dengan memutakhirkannya (updater). Untuk Kode registrasi yang biasadigunakan untuk registrasi dapodik di Aplikasi Dapodik untuk satuan pendidikan pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan pendidikan kesetaraan (SKB/PKBM) sudah diubah menjadi kode registrasi format baru yang akan didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk akun petugas pendataan tidak mengalami perubahan, sehingga akun pada aplikasi sebelumnya dapat digunakan untuk registrasi pada Aplikasi Dapodik versi 2021.


Baca Juga :

Apa saja sih yang terbaru di dapodik 2021 ini?

Seperti disampaikan pada berita Rilis dapodik di situs resmi dapodikdasmen, pada Aplikasi Dapodik 2021 ada beberapa pembaruan, yaitu:
  1. Penyesuaian aplikasi setelah penggabungan antara Dapo PAUD-Dikmas dan Dapodikdasmen.
  2. Penambahan data rinci PAUD khusus untuk jenjang PAUD.
  3. Penambahan Program dan Layanan untuk jenjang PKBM dan SKB.
  4. Penambahan tabulasi sertifikasi PD pada data rinci peserta didik untuk jenjang SMA dan SMK
  5. Penambahan referensi status desa berdasarkan Kepmendikbud Nomor 580/P/2020.
  6. Penambahan fitur tarik data pada proses sinkronisasi guna menurunkan semua perubahan yang terjadi hanya pada data yang berada di server.
  7. Penambahan metode penarikan data pada API web service.
  8. Penambahan atribut tanggal mulai dan tanggal selesai pada isian rombongan belajar untuk PKBM dan SKB.
  9. Penambahan security pada aplikasi.
  10. Penambahan fitur untuk mengisi e-form kesiapan satuan pendidikan.
  11. Penambahan fitur untuk mengecek dan membuka Aplikasi PMP.
  12. Integrasi output data hasil PPDB daerah.
  13. bersama pada tingkat akhir untuk kelas TK B, 6, 9 dan 12/13.
  14. Generate ulang kode registrasi sekolah untuk jenjang PAUD.
 Nah, selanjutnya bagaimana cara menginstal dapodik baru ini?

Pertama kali yang harus dilakukan sahabat adalah menghapus dapodik versi 2020 yang mungkin masih ada di laptop. Unduh aplikasi dapodik 2021 di situs ini
atau pilih

Jika sudah diunduh lanjutkan instalasi dapodik 2021,


Klik saya setuju, dan klik lanjut, pasang


Tunggu hingga proses instalasi selesai 


 Proses instalasi aplikasi dapodik selesai, klik selesai

 Selanjutnya, lakukan registrasi dapodik 2021, 

Caranya masih seperti cara instalasi dapodik tahun-tahun sebelumnya, pilih salah satu cara instalasi, jika sinyal memungkinkan pilih opsi Online, jika tidak pilih offline, namun sebelum registrasi offline jangan lupa untuk mengunduh prefill_dapodik 2021-nya dulu. Untuk kode registrasi, bagi yang lupa dapat menghubungi admin dinas pendidikan.

Pada instalasi online, di kolom registrasi masukkan email sekolah yang digunakan pada aplikasi dapodik sebelumnya, masukkan password, dan kode registrasi kemudian klik submit, tunggu sampai proses instalasi selesai.

Untuk yang melakukan penginstalan menggunkan opsi offline, silahkan kunjungi dulu situs dapodikdasmen dan klik menu unduhan pilih prefill dan pilih wilayah provinsi.


 Masukkan email dan password dapodik serta kode registrasi, klik Generate,


Simpan file prefill_dapodik di folder Prefill_dapodik yang ada di C. Kemudian, lakukan registrasi dan pilih opsi offline.






NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar

Terima Kasih