Wednesday, 22 July 2020

Cara menambahkan siswa baru di dapodik 2021

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, dapodik 2021 baru saja dirilis tentunya kemungkinan ada operator sekolah yang masih baru dan belum faham betul cara mengelola dapodik 2021 ini. Nah, sahabat berikut akan admin bagikan cara menambahkan siswa baru kelas 1 di dapodik 2021. 

  • Pertama langsung menarik data siswa lulus TK  melalui situs dapodikdasmen, namun cara ini banyak yang masih bingung, karena di awal aplikasi dapodiknya akan kosong dari rombel kelas 1.
  • cara kedua, adalah dengan menambah sendiri di aplikasi dapodik 2021, alasannya karena banyak ditemui data di TK tidak valid, nama, tanggal lahir, dan lain-lain tidak sesuai dengan akte kelahiran dan Kartu Keluarga (ini berdasarkan pengalaman admin saat menarik data siswa TK tahun 2019 kemarin, namun hal ini tidaklah menjadi kendala, karena kesalahan data tersebut dapat diubah di vervalpd nantinya.


Untuk cara yang kedua silahkan buka aplikasi dapodik, kemudian klik Menu Peserta Didik



Kemudian menu Tambah Siswa Kelas 1 SD, 


Isilah Nama siswa baru tersebut, Jenis Kelamin, NISN jika sudah ada, Kewarganegaraan,NIK, nomor Kartu keluarga, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nomor Registrasi Akta Kelahiran, Berkebutuhan Khusus (jika siswa tersebut memiliki latar belakang kebutuhan khusus), Agama dan kepercayaan, Alamat, titik koordinat tempat tinggal, keterangan tempat tinggal, transportasi ke sekolah, anak ke berapa sesuai KK, jika memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) diinput nomor Kartunya, Isi data Orang tua (Ayah dan Ibu) serta wali siswa (Wali bukan nama orang tua).

Kemudian Simpan

Setelah disimpan, data siswa baru yang ada pada Kolom Peserta Didik akan muncul tanda berwarna merah, langkah mengatasinya klik nama yang bertanda merah tersebut, klik menu registrasi, isi kolom yang tampil, isilah Jenis Pendaftaran (Siswa baru), Nomor Induk Sekolah (bukan NISN), tanggal masuk sekolah dan sekolah asal.

Kemudian, Isi data periodik siswa, tinggi badan, berat badan, ukuran lingkar kepala, jarak dari rumah ke sekolah, waktu tempuh ke sekolah, dan jumlah saudara kandung.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar

Terima Kasih