F Bila anak-anak sakit gigi, gunakan alternatif ini sebelum obat kimia - Edukasinfo.Net

Friday 2 July 2021

Bila anak-anak sakit gigi, gunakan alternatif ini sebelum obat kimia

Bismillah, Alhamdulillah saat ini kita masih diberikan nikmat dan rahmat oleh Allah subhanahu wata'ala. sahabat edukasinfo.net, pada tulisan kali ini admin akan mengetengahkan masalah kesehatan gigi anak-anak. Jika kita orang dewasa, sakit gigi masih bisa kita tahan dan kita akan segera mencari obat-obatan pereda sakit gigi. Namun, bagi anak-anak kecil sulit bagi mereka untuk menahan diri, dan yang terjadi pasti tangisan-tangisan memecah keheningan dan anak menjai rewel. Nah, sahabat disini admin akan membagikan cara mengobati sakit gigi anak.



 

Sakit gigi merupakan rasa nyeri pada gigi yang terasa di dalam atau sekitar gigi dan rahang yang menyebabkan sakit tak tertahankan, Sakit gigi pada anak-anak disebabkan karena tumbuh gigi baru, gigi berlubang, atau gusi bengkak. Rasa nyeri ini makin terasa menyakitkan bila terkena makanan atau minuman dingin dan manis


Apa yang harus orang tua lakukan ketika si buah hati mengalami sakit gigi. Pengalaman saya sendiri apabila anak sakit gigi, akan segera mengelus pipi si anak kemudian membaca surah-surah dari Al-Qur'an, cara ini insya Allah jika yakin sakit anak akan menjadi reda. Namun, ada cara tradisional yang jarang dilakukan kita sebagai orang tua apabila anak-anak sakit gigi. Kita sebagai orang tua ingin segalanya menjadi serba instan. Anak-anak diberikan sirup atau obat pereda sakit yang berbahan kimia. Obat-obatan berbahan kimia pasti  memiliki efek samping yang banyak, obat kimia sebaiknya menjadi altenatif pilihan terakhir sekiranya semua cara tradisional yang akan admin sebutkan disini tidak berhasil mengatasi sakit gigi pada anak-anak.


Dilansir dari situs pepsodent, jika anak-anak kita sakit gigi, yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

 

1. Meminta anak kita untuk berkumur dengan air hangat.

Cara tradisional ini memiliki hasil yang ampuh. Kita pun tidak perlu repot menyiapkan bahan, cukup segelas air hangat saja. Biarkan si kecil berkumur beberapa waktu, dan tunggu khasiatnya segera. Jika dibutuhkan, Anda bisa menambahkan garam untuk hasil yang lebih maksimal.

 

2. Oleskan minyak cengkeh.

Jika anak kita sering mengalami sakit gigi, ada baiknya kita sebagai orang tua membeli minyak ini sebagi persiapan menghadapi sakit gigi anak yang datang secara tiba-tiba. Minyak cengkeh ini memiliki kandungan yang dapat menimbulkan efek mati rasa pada gigi dan gusi yang sedang sakit. Kita bisa menuangkan sedikit minyak cengkeh ke kapas, lalu tempelkan atau selipkan di bagian gigi yang sakit. Minyak cengkeh bertindak sebagai pembius lokal sehingga sakit mereda dan kemudian hilang.

 

3. Mengopres pipi si anak dengan air dingin

Air dingin mudah untuk kita dapati, apabila anak kita kesakitan menahan sakit gigi di tengah malam, air dingin sebagai alternatif ketiga yang bisa kita lakukan jika pipi menjadi bengkak karena gusi sedang bermasalah ketika gigi sakit. dengan membasahi kain, dan menempelkan kain basah tersebut ke pipi si anak.  


4. Bawang Putih

Di dapur rumah kita, setidaknya pernah menyimpan bawang putih. Dengan bawang putih kita juga bisa menjadikannya sebagai alternatif untuk meredakan sakit gigi anak kita. bawang putih memiliki kandungan saripati yang bisa meredakan sakit gigi. Anda hanya perlu menggeprek bawang lalu meletakkannya pada gigi yang sedang sakit. Tunggu sampai rasa sakit hilang.

 

5. Jeruk Nipis

Alternatif kelima yang bisa kita gunakan sebagai pereda sakit gigi anak adalah jeruk nipis. Jeruk nipis juga mampu mengurangi rasa sakit yang muncul. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi mampu meredakan sakit gigi. Caranya pun mudah, cukup potong-potong jeruk nipis menjadi potongan kecil, lalu letakkan tepat pada bagian gigi yang sakit. Biarkan selama beberapa menit, kemudian ganti jika masih diperlukan.

 

6. Obat pereda sakit gigi anak

Nah yang keenam atau terakhir barulah kita menggunakan alternatif ini, yakni memberikan obat pereda rasa sakit gigi anak, baik berupa sirup, pil, tablet dan sebagainya.

 

Nah, sahabat demikian alternatif obat sakit gigi anak. semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/perawatan-gigi-anak/sakit-gigi-pada-anak-inilah-penyebab-dan-cara-mengatasi-dari-ahlinya.html

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

1 comment:
Write komentar

Terima Kasih