F Setelah sinkronisasi beberapa kali, Menu Sinkronisasi Hilang di dapodik 2023.a, Oh ternyata ini penyebabnya! - Edukasinfo.Net

Thursday 11 August 2022

Setelah sinkronisasi beberapa kali, Menu Sinkronisasi Hilang di dapodik 2023.a, Oh ternyata ini penyebabnya!

Bismillah, hai sahabat edukasinfo.net, Alhamdulillah kita saat ini masih diberikan kesempatan untuk saling memberi manfaat. Mudah-mudahan tulisan saya ini akan memberikan manfaat bagi kita semua.



Sahabat, setelah beberapa kali sinkronisasi dapodik 2023.a, tepatnya setelah 6 kali sinkronisasi, menu sinkronisasi di akun dapodik kepala sekolah tidak muncul lagi. Padahal ada data yang saat itu saya isi dan diperbarui, dan perlu untuk disinkron.


Hal ini tentu membuat pekerjaan kita menjadi terkendala, sedangkan cut off PIP yakni pada tanggal 15 Agustus 2022 atau tinggal 4 hari lagi. 


Saya  sudah mencoba beberapa kali keluar dari aplikasi dapodik, dan kemudian merefresh dan memvalidasi data di dapodik, namun hasilnya masih saja seperti ini, tidak muncul menu SINKRONISASI.


Kemudian yang saya lakukan adalah dengan meng-Uninstall Aplikasi dapodik yang ada saat ini, kemudian Install kembali aplikasi dapodik. 

Hal ini tentu banyak membuang waktu dan tenaga , karena kita sudah atau mungkin baru saja mengubah atau mengisi data di dapodik. Namun, apa boleh buat itulah usaha coba-coba yang bisa dilakukan. 

Saya akhirnya mencoba lagi membuka di aplikasi menu Manejemen yang ada di pengaturan. Benar saja disana ada dua akun Kepala sekolah. Email yang lama dan sudah terverifikasi adalah fzacell849@gmail.com. Email ini sudah ada semenjak di sekolah tempat tugas sebelumnya. dan email yang satu lagi adalah piskaspd@gmail.com.

 

Coba kita lihat akunnya,



Pada kedua akun tersebut saya ambil yang sudah terverifikasi dan email baru saya hapus status kepala sekolahnya.


Gambar 1 . email lama

Gambar 2 . email baru 


Akhirnya muncul juga,



Untuk melihat tutorialnya silahkan lihat video berikut ini:




 
 
Inilah yang dapat saya bagikan mudah-mudahan ini bermanfaat.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih