Tuesday, 14 January 2020

Cara mencetak surat mutasi siswa di dapodikdasmen

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, biasanya saat ada siswa yang pindah sekolah, akan dikeluarkan surat keterangan pindah sekolah. Dan sekolah akan mengeluarkan surat keterangan pindah sekolah untuk siswa yang bersangkutan. Namun, surat yang dikeluarkan dari sekolah saat ini rata-rata masih berupa surat manual yang diketik sendiri oleh sekolah. Pada saat Bimtek Data Pendidikan di Holtel Harper Palembang akhir tahun lalu, disinggung masalah surat mutasi ini. Kebiasaan sekolah saat ini suka mencetak Surat Pindah atau Surat Mutasi siswa yang diketik biasa, padahal di dapodik sudah menyediakan fitur cetak surat mutasi siswa. 


Demi untuk menghindari siswa berganda, sebaiknya setiap sekolah bila ingin mengeluarkan surat Mutasi/ Pindah menggunakan surat pindah yang telah disediakan oleh dapodik. 

Lalu, bagaimana kita bisa mencetak surat Mutasi tersebut?

Sahabat, untuk mencetak surat pindah atau surat mutasi siswa tersebut, kita harus mengunjungi halaman website dapodikdasmen, selanjutnya login dengan menggunakan menu menejemen sekolah.

Biasanya saat kita akan mengeluarkan surat mutasi siswa di aplikasi dapodik di menu peserta didik keluar, kita akan diarahkan ke situs dapodikdasmen seperti ini,



Berikut akan admin beritahu caranya!
Silahkan klik laman yang ada pada tampilan yang muncul di peserta didik keluar tersebut, atau kunjungi https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, login dengan menggunakan emaildan password dapodik. 

 
Kemudian, jika telah berada di laman tersebut, pilih Kelola data pokok > Pilih tombol peserta didik > Pilih status siswa (aktif, keluar, terdaftar), nah pilih pilihan keluar. Perhatikah gambar berikut, 





Pada data siswa yang dipilih tarik scroll ke bawah dan kesamping kanan, pilih icon bergambar printer.





Lalu klik kemudian akan muncul pop-up laman Surat Pindah Siswa.


Demikian cara mencetak surat mutasi siswa, semoga bermanfaat.
 


 

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar