Saturday, 25 July 2020

Begini cara menggunakan kode verifikasi akun dapodikdasmen, email dapodik aktif harus disiapkan

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, Rilis Dapodik 2021 saat ini semakin membuat para operator kebingungan, karena banyak hal baru yang memang belum pernah dijumpai sebelumnya. Dari Akun Operator, Akun PTK sampai pengelolaan fitur-fitur yang ada di dapodik 2021, saat ini sudah diperbarui. Di awal Semester Ganjil  tahun Pelajaran 2020/2021 ini, dapodik kembali memberikan tantangan baru bagi para operator sekolah di seluruh Indonesia. Namun, walau serumit apapun caranya pasti akan ada jalan keluar dari segala masalah.


Sahabat sekalian., bukan saja di aplikasi dapodik offline saja (Aplikasi Dapodik 2021) tetapi di situs dapodikdasmen juga mengalami pembaruan yang serius, terutama mengenai akun-akun, baik akun sekolah yakni operator sekolah ataupun akun guru serta akun admin dinas pendidikan. Untuk itu tak ada salahnya bila kita yang sama-sama mempelajari pembaruan tersebut untuk saling berbagi pengalaman. 

Dilihat dari pembaruan akun tersebut, seperti kita perhatikan akun-akun aplikasi yang lain selain dapodik, bahwa dapodik akan meningkatkan sistem pengamanan akun agar data tak mudah bocor atau terbaca oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sahabat, inilah pengalaman admin edukasinfo saat akan mengakses situs dapodikdasmen, bila kita akan memasuki situs dapodikdasmen atau dapodik online, kita akan dimintai mengklik menu Verifikasi. Untuk itulah seharusnya dari awal kita mempersiapkan akun (email dan password) dapodik yang aktif dan bukan rekayasa. Guna nanti saat selesai mengklik menu verifikasi, kita akan mengambil kode Verifikasi di pesan yang telah dikirim oleh sistem dapodikdasmen ke email dapodik sekolah kita.

Jika telah mendapatkan kode verifikasi masukkan kode tersebut ke dalam kolom yang disediakan di situs dapodikdasmen,

masukkan kode dikolom seperti gambar berikut

Klik lanjutkan bila sudah memasukkan kode tersebut.

Setelah memasukkan kode verifikasi tersebut barulah kita dipersilahkan untuk mengakses fitur-fitur yang ada di situs dapodikdasmen, seperti mengakses data sekolah, PTK, siswa, Sarpras, rombel dan akun-akun.

Demikian informasi ini semoga bermanfaat.


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar

Terima Kasih