Saturday, 25 July 2020

Cara mengganti email dan password Akun GTK dan Kepala Sekolah di dapodik 2021

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, selama ini saya (admin) tidak menyangka akan ada sistem keamanan dapodik yang begitu detaiilnya, admin juga pernah membuat email di dapodik secara asal-asalan, karena demi mengejar waktu sinkronisasi dan sebagainya. Namun, saat ini juga admin baru menyadari jika hal itu adalah kesalahan besar, karena email-email yang dibuat asal tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan verifikasi akun guru atau tenaga pendidikan di dapodik 2021. Selanjutnya, admin juga mengharapkan agar ke depan baik admin sendiri maupun operator sekolah lain agar selalu mempersiapkan data yang riil, bukan sekedar data asal-asalan.


Nah, sahabat biasanya bila tidak mengetahui atau lupa password akun GTK di dapodik, admin sering menggunakan trik klik kanan touchpad/mouse dan menggklik Inspect Element untuk melihat password akun GTK yang akan diakses, Namun di Dapodik 2021 ini hal itu tidak bisa lagi dilakukan, karena akun gtk di dapodik 2021 seperti terlindungi ( Protect). Namun, hal itu tidak harus membuat kita para operator khawatir, atau bingung karena pada kesempatan ini admin akan membagikan cara mengganti email dan password Kepala sekolah atau GTK di dapodik 2021. Yang perlu dipersiapkan adalah email dan password GTK yang masih aktif. Tentunya hal ini, harus ada komunikasi antara operator, kepala sekolah dan Guru serta Tenaga Kependidikan.

Bagaiaman cara mengubah email atau password kepala sekoalh dan GTK? yuk simak caranya berikut ini:

Pertama, kunjungilah situs dapodikdasmen kemudian pilih menu manajemen sekolah  atau langsung ke link ini https://sp.datadik.kemdikbud.go.id.

Kemudian, kita akan diminta untuk login menggunakan akun dapodik yang terdaftar di VervalSDM (SSO), kita akan dimintai untuk mem-verifikasi akun dan akan dikirimi kode rahasia untuk mengakses situs. Baca Begini cara menggunakan kode verifikasi akun dapodikdasmen, email dapodik aktif harus disiapkan.

Kemudian seletah tampil seperti gambar berikut,



Klik Akun dan Pilih PTK dan Tampilkan,

Nanti akan muncul nama-nama GTK, baik Kepala Sekolah,Guru ataupun tenaga Kependidikan.



Untuk mengubah email dan password akun tersebut klik gambar pensil di sebelahnya, Selanjutnya, ubahlah email yang aktif saat ini, yakni email yang bisa digunakan untuk mendapatkan kode verifikasi akun.


Nah, sahabat demikian cara mengubah email dan password akun Kepala Sekolah dan GTK di dapodik 2021


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar

Terima Kasih