Saturday, 25 July 2020

Cara Menarik data siswa di dapodik 2021

Assalamualaikum sahabat edikasinfo, di semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 ini, kita akan mengisi siswa baru baik dari TK, SD, SMP/Sederajat dan SMA/sederajat. Saat ini, di dapodik 2021 siswa kelas 1 SD seharusnya tidak perlu mengisi (entri) manual di aplikasi dapodik, karena data-data siswa baru tersebut sudah ada di data taman kanak-kanak tempat siswa baru tersebut belajar sebelumnya. Namun, jika siswa itu memang benar tidak pernah belajar di TK atau PAUD, barulah operator SD mengisi data secara manual siswa baru kelas 1 tersebut. Sedangkan, data siswa untuk sekolah menengah itu seperti biasa ditarik dari siswa yang baru saja lulus dari sekolah-sekolah sebelumnya, baik itu SD maupun SMP. 

Baca Juga :




Di situs dapodikdasmen ada 2 fitur yang harus dipilih yakni menu Dapodik dan Non Dapodik, menu Dapodik ialah menu yang digunakan untuk menarik siswa-siswa baru yang berasal dari dapodik, sedangkan menu Non Dapodik itu untuk menarik siswa-siwa diluar data dapodik seperti EMIS (dibawah naungan Kemenag).

Baiklah sahabat, begini cara menarik siswa di dapodik 2021 melalui situs dapodik online yaitu dapodikdasmen atau langsung ke laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id. Selanjutnya, setelah login akan diminta memasukkan kode verifikasi akun, Baca Begini cara menggunakan kode verifikasi akun dapodikdasmen, email dapodik aktif harus disiapkan. 

Selanjutnya, akan tampil dashboard dapodik online,





Kliklah menu Aplikasi yang berada di atasnya, selanjucara meat akan tampil seperti gambar tersebut, yakni akan muncul 2 pilihan  cara menarik siswa Dapodik atau Non Dapodik.

Pilih Dapodik, untuk menarik siswa yang berasal dari data dapodik,


Setelah tampil seperti gambar di atas, pilih nama Provinsi, Kabupaten/kota, Kecamatan, nama sekolah asal siswa baru, dan tahun lulusnya, kemudian klik tampilkan, maka akan muncul nama-nama siswa dari sekolah asal tersebut. Selanjutnya pilih siswa yang akan ditarik, ingat operator harus jujur dan jangan mentang-mentang ingin siswa di sekolahnya banyak lalu asal comot (tarik) saja.



Kemudian klik Daftar.

Sahabat, data yang ditarik ini akan tampil di aplikasi dapodik 2021 Offline setelah kita melakukan sinkronisasi. Nah, jika demikian apa yang harus dilakukan saat sinkronisasi, sedangkan siswa kelas awal belum ada. Di sini sahabat bisa, melakukan trik dengan mengisi beberapa siswa secara manual, atau mengosongkan /menghapus rombel kelas awal kemudian bila sudah valid langsuing sinkron. 

Selamat bertugas.


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih