Tuesday, 1 September 2020

Mengatasi Dapodik 2021.a Terdeteksi bahwa pengaturan database telah dimodifikasi secara ilegal, aplikasi tidak dapat dibuka. Mohon install ulang"


Assalmualaikum sahabat edukasinfo, pernahkah kalian mengalami hal seperti ini, saat akan membuka kembali aplikasi dapodik tiba-tiba aplikasi dapodik tidak bisa dibuka yang muncul hanya tulisan ini "Terdeteksi bahwa pengaturan database telah dimodifikasi secara ilegal. Aplikasi tidak dapat dibuka. Mohon install ulang aplikasi untuk dapat menggunakan Dapodik kembali."Jika pernah, berarti kalian juga pernah menghapus dan menginstall ulang aplikasi dapodik yang ada di laptop kalian. 

 

Baca Juga :

 

Nah, sahabat error dengan notifikasi "Terdeteksi bahwa pengaturan database telah dimodifikasi secara ilegal. Aplikasi tidak dapat dibuka. Mohon install ulang aplikasi untuk dapat menggunakan Dapodik kembali." pernah admin alami sendiri, dan sangat membuat pekerjaan tertunda, sedangkan pekerjaan di dapodik masih dalam proses. Yang lebih sangat membuat terpukul lagi kasus ini terjadi pada aplikasi dapodik versi 2021.a.

 

Jika aplikasi dapodik 2021.a di uninstall dan pekerjaan sudah setengah jalan, hal ini sungguh sangat menguras tenaga dan pikiran. Tapi apa boleh buat, demi kebaikan data yang ada di aplikasi dapodik terpaksa kita uninstall aplikasi dapodik 2021yang ada dan install lagi yang baru,itulah jalan yang terbaik buat masalah di atas.


Namun, saran admin periksa dulu aplikasi sebelum benar-benar menghapusnya, Ada banyak kemungkinan penyebab aplikasi menjadi error, misalnya IP Address error, atau Database (DapodikDB) tidak ada atau hilang.

 

Sahabat bisa menggunakan cara ini untuk memperbaiki masalah error di atas, Ketik di search (pencarian) di windows, kemudian ketik "Command Prompt" kemudian ketik tulisan "inconfig"

Kemudian enter dan cari IP ADDRESS

 

Silahkan di copi angka IP Address yang seperti pada kota orang tersebut, kemudian paste (tempel) di tab baru pencarian. 

 

tambahkan angka yang ada di localhost, yaitu :5774, lalu enter. 

 

Misalnya IP Addressnya 192.168.100.210 lalu tambahkan :5774, jadi 192.168.100.210:5774 kemudian di copy angkanya 192.168.100.210:5774 dan di pastekan ke browser.

 

Nah jika kesalahannya pada IP Address, mudah-mudahan berhasil.

 

Bila tidak berhasil, coba cara kedua ini, ketikkan di pencarian kata "Services"

 

Cari DapodikDB, jika DapodikDB tidak ada berarti memang harus install ulang.

 

 

Sejauh ini admin belum menemukan cara instan untuk mengatasi aplikasi dapodik 2021 atau 2021.a terdeteksi bahwa pengaturan database telah dimodifikasi secara ilegal. Jadi jika memang harus install ulang semoga para ops bisa bersabar.


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih