Monday, 7 December 2020

Mengisi instrumen EDS 2020 Covid-19 android tapi tidak menggunakan android

Assalamualaikum sahabat edukasi, di tahun 2020 ini EDS PMP sudah menampakkan pembaruannya. Namun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena di tengah-tengah pandemi covid 19, instrumen EDS pun mengadakan penyesuaian terhadap pandemi covid 2019. Sahabat, mungkin karena alasan

demi menerapkan protokol kesehatan, tidak memperkenankan untuk diadakannya perkumpulan dan sebagainya, maka EDS PMP 2020 kali ini bisa dikerjakan sendiri-sendiri dari jarak yang berjauhan. Sahabat, walaupun EDS PMP 2020 ini bisa dikerjakan dari jauh namun aplikasi ini tidak perlu daring. Daring hanya diperlukan saat melakukan pengunduhan, instalasi, dan pengiriman file yang sudah terisi. Artinya saat mengisi Instrumen EDS PMP ini kita bisa mengisi dalam keadaan luring.

 

Baca Juga


Aplikasi instrumen EDS 2020 Covid-19 ini, bisa dikerjakan di gatget (android), dan juga bisa dikerjakan di laptop seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, instrumen EDS 2020 Covid-19 ini sangat tidak disarankan untuk dikerjakan oleh operator sekolah, apalagi bila sampai menggunakan aplikasi ketiga seperti PMPFaster.  Belajar dari banyak pelajaran dan pengalaman operator sekolah, bila sudah mendekati waktu cut off sinkronisasi, maka tidak ada pilihan lain kecuali melakukan pengisian cepat atau bahkan supercepat yang notabenenya pasti tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 


Alhamdulillah di tahun 2020 ini PMP versi android bisa diterapkan, walaupun cuma sebatas pengerjaan Offline (luring), namun cukup  meringankan pekerjaan operator sekolah. Dulu, jika ingin mengerjakan instrumen EDS PMP, operator mencetak lampiran-lampiran instrumen dan diserahkan ke guru-guru, kemudian setelah guru-guru mengisi diserahkan kembali ke operator sekolah, dan akhirnya menjadi pekerjaan borongan operator sekolah. Walaupun sebenarnya bisa dikerjakan dengan menggunakan klien aplikasi, namun tidak semua guru memahami teknologi saat ini.


Sahabat, sesuai dengan judul yang admin buat di atas, selanjutnya kita lihat alasan apa yang menjadi pengerjaan instrumen EDS 2020 Covid-19 di android lebih diutamakan daripada di laptop. Adapun alasan yang bisa kita simpulkan yaitu:

 

Pertama, bila dikerjakan di Gatget kita bisa menyimpan Database instrumen EDS 2020 Covid-19. Hal ini, cukup penting seandainya laptop yang kita gunakan mengalami masalah-masalah tertentu, dan kita ingin menginstal aplikasi instrumen EDS 2020 Covid-19 baru, setidaknya kita punya simpanan file database.

 

Kedua, berdasarkan pendapat teman-teman operator kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan, saat mengadakan kerja kelompok dalam mengerjakan instrumen EDS 2020 Covid-19 ini, mereka bersepakat bahwa instrumen EDS 2020 Covid-19 versi android lebih cepat.


Selanjutnya, bagaimana jika kepala sekolah, atau guru-guru benar-benar tidak memiliki gatget? atau, ada guru yang memiliki gatget namun sudah tak ada ruang lagi di dalam memori gatgetnya? atau mungkin dengan alasan-alasan lainnya yang tidak dapat kita sebutkan.


Jika memang keadaannya demikian, kita bisa memanfaatkan laptop atau komputer, namun bukan berarti kita mengerjakan instrumen EDS 2020 Covid-19 versi laptop. Kita akan mengerjakan instrumen EDS 2020 Covid-19 versi android di laptop. 


Mungkin sahabat pernah mendengar aplikasi Bluestacks. Apa itu Bluestacks? Berdasarkan hasil browsing di google bahwa  Bluestack merupakan aplikasi gratis (free software) yang bertipe mesin virtual (emulator) Android yang dijalankan di komputer (PC maupun laptop) untuk mengoperasikan segala macam aplikasi Android.

 

Artinya, kita mengerjakan pekerjaan aplikasi android (gatget) di laptop.


Bagaimana cara mendapatkan aplikasi Bluestacks ini? Nah, sahabat sebelum mengunduh aplikasi ini, sebaiknya kalian ketahui dulu bahwa aplikasi ini lumayan berat, dan mungkin akan membuat pekerjaan di laptop agak lambat, namun jika kapasitas laptop besar tidak menjadikannya berat. Meskipun demikian kita bisa memanfaatkannya untuk sesaat selama mengisi instrumen EDS 2020 Covid-19 versi android. 


Selanjutnya, silahkan sahabat browsing di internet untuk mengunduh aplikasi Bluestacks, atau kalian bisa mengunduh di link ini Bluestacks 4, selanjutnya silahkan jalankan instalasi aplikasi Bluestacks ini hingga selesai. Ketika selesai akan muncul gambar game-game dan play store, abaikan gamenya dan fokus ke google play store-nya, ok!


Klik Google Play Store kemudian akan diminta memasukkan email, dan password Google (gmail), Selanjutnya, ketik di pencarian dengan nama "Instrumen SD atau Instrumen SMP, atau Instrumen SMA, Pilih salah satu yang sesuai dengan sekolah, lanjutkan jalankan instalasi, jika selesai klik aplikasi Instrumen-nya.


Ini tampilan pencariannya


Jika sudah terinstal lanjutkan untuk pengisian data seperti NPSN sekolah, NUPTK Kepala Sekola/Guru dan email yang digunakan di dapodik.



Jika sudah selesai akan muncul tulisan kirim , pilih folder penyimpanan, selanjutnya klik menu ekspor to windows.

 


 

  DOWNLOAD  

Bluestacks 4

 

Silahkan mencoba.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih