F Ingin mengisi riwayat GTK di sso.datadik.kemdikbud.go.id (dapodikdasmen) tapi lelet, coba pakai Browser ini! - Edukasinfo.Net

Saturday 29 January 2022

Ingin mengisi riwayat GTK di sso.datadik.kemdikbud.go.id (dapodikdasmen) tapi lelet, coba pakai Browser ini!

Assalamualaikum sahabat edukasinfo.net, dalam beberapa hari ini menjelang tanggal 30 Januari 2022 saya mencoba mengakses situs https://sso.datadik.kemdikbud.go.id, sudah sekali melalui browser mozila firefox dan google chrome. Padahal data GTK harus segera di perbarui.



Baca Juga : Jumlah Jam Wajib Tambahan di Dapodik tidak boleh lebih 

 

Walaupun sangat sulit sekali mengakses situs tersebut namun tidak menyurutkan saya untuk mencari cara agar bisa mengakses https://sso.datadik.kemdikbud.go.id. Dalam rangka mempersiapkan diri Guru untuk menjadi calon peserta PPG dalam Jabatan tahun 2022 ini, ada beberapa hal yang perlu diingat kembali untuk dibenahi oleh GTK sebelum dipanggil menjadi peserta PPG. Pemutakhiran Data Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022, dengan hormat kami sampaikan data yang perlu dimutakhirkan antara lain:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir melalui laman verval PTK (https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id);
  2. Riwayat pendidikan formal mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan terakhir yang diperbarui melalui Manajemen Individu PTK (https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id);
  3. Riwayat karir guru mulai dari pertama kali mengajar melalui Aplikasi Dapodik;
  4. Status kepegawaian dan jenis PTK melalui Manajemen Dinas Pendidikan (https://datadik.kemdikbud.go.id);

 

Baca Juga : Mengeluarkan Data Kepala Sekolah di dapodik dapat menyebabkan tidak bisa sinkronisasi, Begini trik-nya agar bisa sinkron dapodik!

 

Jika NIK GTK ada yang keliru dan tidak sesuai dengan data Dukcapil, GTK langsung meminta ke OPerator Sekolah untuk memperbaikinya melalui VervalGTK. Begitu juga Riwayat Karir hanya OPS yang bisa memperbaiki di aplikasi  dapodik. 


Berbeda dengan Riwayat Pendidikan Guru saat ini untuk pengisian melalui Dapodik sudah tidak bisa dilakukan lagi, dan ketika akan mengisi melalui akun dapodik kita akan diarahkan ke situs https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id. Disini Guru bisa memperbarui data Riwayat Pendidikan secara mandiri, setelah meminta akun dapodik individu untuk mengakses https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id ke OPS.


Nah, sahabat mengenai kesulitan mengakses link https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id ini, admin sudah mencoba melalui Browser Opera dan ternyata berhasil. Untuk mengetahui cara memperbarui riwayat pendidikan silahkan baca Cara memperbarui Riwayat Pendidikan guna Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2022 . Demikian informasi ini semoga bermanfaat.



NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih