Tuesday, 18 August 2020

Solusi bagi ops yang kesulitan akses akun sso.datadik.kemdikbud.go.id 2021

 
Assalamualaikum sahabat edukasinfo, selamat malam dan selamat beristirahat, semoga apa yang kita kerjakan harinya menjadi amal ibadah. Sahabat, sampai saat ini masih saja banyak operator sekolah yang kesulitan untuk mengakses situs dapodikdasemn pada link sso.datadik.kemdikbud.go.id baik untuk akun guru maupun untuk akun admin sekolah. Hal ini perlu kita maklumi,  karena sejatinya bentuk dan tampilan web yang sering kita kunjungi dahulu saat ini sudah berubah. Sehingga wajar saja bila banyak operator sekolah yang bertanya-tanya mengenai pembaruan dapodikdasmen ini. Dan, tadi pagi alhamdulillah telah dirilis patch aplikasi dapodik versi 2021.a, semoga saja lebih mudah dari aplikasi dapodik 2021.

Baca Juga :

 

Dalam dunia teknologi sering disebut dengan SSO. SSO adalah kependekan dari  Single-sign-on yaitu teknologi yang mengizinkan pengguna jaringan agar dapat mengakses dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja. Nah,pada akun dapodik, sebelum menggunakan akun SSO biasanya seorang admin sekolah atau operator sekolah mendaftarkan akun di situs vervalsdm, setelah itu barulah bisa digunakan untuk mengakses situs dapodikdasmen, vervalpd, vervalptk, vervalsdm dan lain-lain. 

 

Selanjutnya, yang menjadi kendala saat ini adalah sulitnya untuk mengakses laman SSO dapodik online. Memang sebagian operator sekolah ada yang berhasil namun sebagian yang lainnya lagi gagal dengan keterangan "error, terjadi kesalahan, tahap pengiriman tidak lengkap silahkan ulangi lagi".

 

Untuk mengatasi error login tersebut, ada teman kita operator sekolah yang menyarankan menggunakan Browser Google Chrome. mungkin bagi sebagian mereka ada yang berhasil, tapi admin sendiri mencoba tetap sajamendapatkan kesulitan. Walaupun admin kesulitan, tapi kalian boleh juga untuk mencoba, barangkali kalian beruntung. 

 

Selanjutnya, berdasarkan pengalaman admin sendiri dalam mengakses akun dapodik online apada link sso.datadik.kemdikbud.go.id, yaitu dengan menggunakan HP Android.

 

Selamat mencoba, semoga berhasil.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih