F Inilah Program Bansos yang masih akan diberikan pada tahun 2021 - Edukasinfo.Net

Sunday 7 February 2021

Inilah Program Bansos yang masih akan diberikan pada tahun 2021

Assalamu'alaikum sahabat edukasinfo, di tahun 2020 yang lalu, pemerintah sudah banyak mengucurkan dana untuk kita sebagai Warga Negera Indonesia. Seperti BTL, BSU, Bantuan untuk pemilik Kartu BPJS Ketenagakerjaan, Kartu Prakerja dan lain-lain.

 

 


Namun, tahukah sahabat bahwa di tahun 2021 ini ada bantan sosial yangmasih akan tetap diberikan dan ada juga yang akan dihentikan!

 

Baca Juga : Sebelum daftar Kartu Prakerja Gelombang 12, yuk lihat dulu siapa yang berhak mendaftar Kartu Prakerja!


Nah, sebagai bocoran bantuan apa saja yang akan tetap berlanjut di tahun ini, berikut akan admin rangkum beberapa bantuan yang akan tetap diberikan di tahun ini. Bersumber dari Liputan6.com dan Bukalapak.com, dana bantuan sosial yang masih akan dikucurkan pemerintah adalah sebagai berikut:

 


1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan atau PKH adalah  program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Di tahun  2021 ini, program ini disalurkan tiap 3 bulan, yakni pada Januari, April, Juli, dan Oktober 2021 yang disalurkan melalui bank anggota HIMBARA




2. Kartu Sembako

Kartu sembako atau Bantuan Pangan Nontunai adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank.

 


Baca Juga :Penerima PIP yang tidak melakukan aktivasi rekening dana PIP akan dikembalikan ke Kas Umum Negara 

 


3. Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.



4. BLT Dana Desa
 

BLT-Dana Desa adalah bantuan uang kepada keluarga miskin di desa yang bersumber dari Dana Desa untuk mengurangi dampak pandemi COVID-19. 

 

Baca Juga : Cara mudah dapat uang dengan membagikan Link website atau youtube 

 

5. Bansos Tunai

Pemerintah kembali memberikan Bantuan Sosial (Bansos) untuk warga terdampak Covid-19 pada 2021. Namun, berbeda dari sebelumnya, pemberian bansos tersebut tidak lagi berupa sembako, melainkan berbentuk bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp 300.000. Para penerima bansos yang berhak mendapatkan, yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Untuk mengecek informasi penerima Bansos Tunai ini  bisa mengunjungi laman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di alamat https://dtks.kemensos.go.id 

 

Baca Juga : Ibu-ibu hamil akan mendapatkan BLT Rp. 3 Juta, yuk simak apa saja persyaratannya! 


6. Subsidi Kuota PJJ

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana untuk melanjutkan program bantuan subsidi internet bagi siswa, mahasiswa, guru serta dosen di 2021.


7. Diskon Listrik


Ada dua jenis diskon yang diberikan. Pertama, diskon listrik 100 persenuntuk pelanggan pascabayar golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA.

Kedua, diskon 50 persen untuk pelanggan pascabayar golongan rumah tangga 900 VA bersubsidi. Adapun pelanggan golongan rumah tangga prabayar 900 VA mendapatkan diskon tarif listrik untuk pembelian token sebesar 50 persen.

Kedua diskon ini akan berlaku bagi pelanggan pascabayar untuk penghitungan rekening Januari sampai Maret 2021.


Baca Juga : Apakah wahabi sesat? wahabi manakah yang sesat? 

 

Demikian, informasi mengenai Inilah Program Bansos yang masih akan diberikan pada tahun 2021, yang kami rangkum dari situs Liputan6.com dan Bukalapak.


Sumber : Liputan6.com, bukalapak

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih